Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

E-Commerce Sulit Rambah Perdesaan, Kendalanya Apa?

Penetrasi e-commerce ke perdesaan maish harus dibayangi sejumlah tantangan.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  21:44 WIB
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G - freepik
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G - freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Pengamat ekonomi digital menilai ketimpangan infrastruktur digital di Indonesia menghambat penetrasi e-commerce ke perdesaan.

Koordinator Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dianta Sebayang menyebut seharusnya e-commerce sudah mampu menembus semua wilayah di Indonesia

"Namun masalah utama adalah infrastruktur digital dan logistik. Keadaan tersebut menghambat e-commerce untuk masuk ke desa," ujarnya, Senin (10/1/2022). 

Selain itu, menurutnya tingkat literasi digital turut jadi hambatan bagi e-commerce untuk masuk ke wilayah desa dan pelosok. Daya beli masyarkat di daerah pelosok juga relatif rendah karena pendapatan yang juga rendah.

Dianta mengatakan salah satu solusi adalah keterlibatan Kemenkominfo dalam mendorong pemerataan infrastruktur digital, terutama di perdesaan. Kemenkominfo harus bisa memberikan insentif kepada provider agar memperkuat jaringan di perdesaan

"Infrastruktur digital harus ada, setelah itu baru kita bicara pemerataan literasi digital maupun ekosistem digital," ujarnya.

Dianta menyebut pemerintah seharusnya mampu menyediakan infrastruktur digital karena jauh lebih murah dibandingkan dengan membangun infrastruktur seperti jalan tol.

Baginya, selain infrastruktur, e-commerce harus melihat desa bukan sebagai pasar konsumen semata. "Para e-commerce harus memandang daerah perdesaan bukan sebagai demand side, tetapi sebagai supply side juga," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet e-commerce desa
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top