Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada 5G Gratis dari XL Axiata (EXCL)

XL Axiata memberikan layanan 5G gratis untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai layanan teknologi generasi kelima sembari perusahaan mengembangkan ekosistemnya.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 04 Januari 2022  |  17:11 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. menyediakan jaringan 5G gratis untuk para pelanggan. Hal ini dilakukan perusahaan berkode saham EXCL pada tahap awal penerapan teknologi.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan setelah mendapatkan uji layak operasi (ULO) 5G, XL Axiata juga secara resmi melakukan komersialisasi layanan 5G. 

“Untuk 5G tahap awal, saat ini kami menyediakan tarif layanan 5G Rp.0 di beberapa lokasi 5G bagi masyarakat,” kata Ayu kepada Bisnis, Selasa (4/1/2021). 

Ayu menjelaskan layanan 5G gratis  bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai layanan teknologi generasi kelima sambil mengembangkan ekosistemnya.

Para pelanggan dapat mencoba secara langsung jaringan 5G XL Axiata di beberapa lokasi XL Centre XL Axiata, dan spot-spot outdoor lainnya di beberapa kota besar di Indonesia.
 
Adapun perihal pengembangan 5G pada tahun ini, kata Ayu, perseroan masih akan fokus untuk memberikan edukasi kepada pelanggan terkait kapabilitas jaringan 5G termasuk kasus pemanfaatan pendukungnya.

Ayu menilai kesiapan ekosistem 5G saat ini masih terbatas, khususnya ketersediaan spektrum dan gawai pendukung,

“Kami terus mengembangkan kesiapan use case 5G, termasuk bekerja sama dengan berbagai pihak,” kata Ayu. 

Sekadar informasi, pada Agustus 2021, PT XL Axiata Tbk. resmi mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo). 

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini setelah lolos ULO 5G, XL Axiata telah siap untuk menggelar jaringan dan layanan 5G di Indonesia. “Termasuk secara bertahap akan memperluas cakupan wilayah layanan 5G,” kata Dian. 

Pada tahap awal, jaringan 5G XL Axiata tersedia di empat kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, dengan cakupan area yang masih terbatas mulai pertengahan Agustus 2021. 

Dalam menggelar layanan 5G, XL Axiata menerapkan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) pada spektrum 1.800 MHz dan 2.100 MHz.  

Teknologi ini memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G, dan pada penerapannya XL Axiata akan memastikan kenyamanan pengguna 4G dan 5G. 

Implementasi DSS menjadi alternatif pilihan mengingat keterbatasan frekuensi yang dimiliki XL Axiata untuk menggelar 5G.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi teknologi 5G
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top