Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Axiata: Penggunaan Jaringan 3G Tak Sampai 10 Persen

XL Axiata menyebut pengguna jaringan 3G tak sampai 10 persen pada kuartal III/2021.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  10:17 WIB
XL Axiata: Penggunaan Jaringan 3G Tak Sampai 10 Persen
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keseriusan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dalam mengedukasi para pelanggan untuk beralih menggunakan 4G membuahkan hasil.

XL menyebut mayoritas pelanggan perseroan saat ini telah terhubung dengan 4G, terlihat dari lalu lintas data 3G di perseroan yang di bawah 10 persen dari total lalu lintas data yang terjadi pada kuartal III/2021.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan sejak layanan 4G tersedia, XL secara agresif terus mendorong pelanggan untuk beralih menggunakan layanan 4G.

Secara teknologi, 4G lebih efisien dibandingkan dengan 3G. Dan kami secara bertahap juga mulai melakukan konversi jaringan BTS 3G ke 4G termasuk melakukan percepatan depresiasi 3G mulai kuartal IV/2020. Proses tersebut berbuah manis, dengan menurunnya lalu lintas (trafik) 3G di XL.

“Saat ini trafik penggunaan layanan 3G di jaringan kami relatif kecil, kurang dari 10 persen dari jumlah trafik data kami, jauh lebih kecil dibanding 4G,” kata Ayu, Kamis (30/12/2021).

Sekadar informasi, per kuartal III/2021, lalu lintas data XL tercatat sebesar 1,72 juta terabyte (TB). Artinya, lalu lintas data 3G di jaringan XL hanya di bawah 170.000 (TB).

Untuk jumlah BTS 3G, tercatat pada kuartal IV/2020 XL mengoperasikan 53.235 BTS. Jumlah tersebut turun sebanyak 9.327 BTS menjadi 43.908 BTS 3G pada kuartal III/2021.

Ayu menambahkan saat BTS 3G perseroan, XL telah mendapat pengembalian investasi dari penggelaran 3G.

Ayu mengatakan dalam proses penataan 3G yang bertahap ini, XL Axiata melakukan prioritas berdasarkan kebutuhan kapasitas data di setiap area dengan tetap mempertimbangkan kesiapan ekosistem yang ada, termasuk kesiapan gawai dari sisi pengguna.

Dengan melakukan prioritas, XL Axiata dapat tetap menjaga pengalaman pelanggan dalam proses realokasi 3G ke 4G.

“Kami terus memantau perkembangannya dan dengan tetap menjaga dan memastikan terpenuhinya kualitas layanan terbaik kepada pelanggan kami,” kata Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata 3g
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top