XL Axiata Akuisisi Link Net, Bagian Pengembangan Layanan Digital

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 27 Desember 2021 | 18:20 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) terus berupaya meningkatkan pendapatan dari bisnis layanan digital pada tahun depan, dengan menggenjot penggelaran infrastruktur serat optik, termasuk akuisisi PT Link Net Tbk.

Dari sisi infrastruktur telekomunikasi, Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan perseroan akan terus melakukan pengembangan dan pembangunan jaringan 4G di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di luar Jawa.

XL juga akan menggenjot fiberisasi guna mendukung ketersediaan transport yang andal, dengan pembangunan secara mandiri atau melalui skema akuisisi, untuk mengembangkan bisnis layanan digital.

“Aksi korporasi untuk mengakuisisi Link Net yang saat ini masih berproses sebagai bagian dari upaya untuk dapat mendorong pengembangan bisnis layanan digital,” kata Ayu, Senin (27/12/2021).

Sekadar informasi, pada kuartal III/2021 XL Axiata membukukan pendapatan senilai Rp19,8 triliun, naik 0,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Adapun dari sisi laba bersih, XL mencatatkan laba senilai Rp1,02 triliun, susut 51 persen dibandingkan dengan kuartal III/2020.

Selain membangun infrastruktur, kata Ayu, perseroan juga senantiasa terbuka untuk dapat melakukan kolaborasi dengan perusahaan lain yang mendukung percepatan pengembangan ekosistem digital.

Tidak hanya untuk meningkatkan pendapatan dari layanan digital, kata Ayu, langkah tersebut merupakan bentuk komitmen XL dalam membangun Indonesia yang lebih digital.

“XL Axiata mendukung pemerintah dalam membangun dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih digital,” kata Ayu.

Ayu menjelaskan pengembangan bisnis layanan digital menjadi salah satu fokus XL Axiata pada tahun depan.

Sejak beberapa tahun terakhir, lanjutnya, XL juga melakukan transformasi digital secara menyeluruh terhadap operasional perusahaan untuk dapat memberikan pengalaman kepada pelanggan yang lebih baik.

Dalam memberikan pengalaman yang optimal, XL memanfaatkan mesin analitik data digital, kecerdasan buatan, layanan komputasi awan dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper