Bermodal Super Komputer, Kemendikbudristek Bangun AI Center, Ini Fungsinya

Ahmad Thovan Sugandi
Senin, 3 Januari 2022 | 19:27 WIB
Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan fasilitas AI Center, yang di dalamnya terdapat komputer super. Teknologi ini diklaim sebagai komputer dengan kapasitas komputasi tertinggi di Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam menyebut AI Center yang diluncurkan kementeriannya sebagai salah satu infrastruktur sekaligus simpul untuk kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri.

"AI Center ini nantinya akan digunakan untuk mempercepat riset-riset bersama industri, terutama yang berkaitan dengan transformasi digital dan kola," ujarnya, Senin (3/1/2022).

Nizam mengatakan, pada 2022 ini AI Center akan digunakan untuk memulai riset dan pengembangan kesehatan (smart health), smart office, smart transportation, hingga smart city.

Dia menjelaskan AI Center Dikti saat ini menyediakan  super computer AI paling mumpuni di Indonesia. Super Comulputer Dikti memiliki kapasitas komputasi sebesar 25 Petaflops (25.000 Teraflops), selain itu ada 47,5 petaflops di 8 perguruan tinggi yang tergabung dalam AI research center.

Nizam menyebut, AI Center akan digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk penelitian maupun berbagai pelatihan microcredentials. Beberapa perguruan tinggi yang dilibatkan adalah, UGM, UI, ITB, ITS, Udinus, Gunadarma dan beberapa perguruan tinggi lain.

"Sebelum ini, anak bimbingan saya, harus menunggu dua hari untuk mendapatkan hasil penelitian dan produknya, karena komputer tidak memadai, sekarang jauh lebih cepat dengan AI Center," ujarnya.

Nizam mengatakan, ke depan, AI Center juga akan digunakan untuk pengembangan dan penelitian gim dan teknologi animasi. Selain itu juga digunakan sebagai wadah kerja kolaborasi dengan industri digital.

Sepanjang 2021, menurutnya, sudah banyak startup, terutama unicorn yang berkolaborasi dengan Dikti untuk melakukan berbagai program. Salah satunya program pelatihan bagi mahasiswa dan riset bersama para pakar serta dosen.

Sebagai informasi, AI Center Merupakan fasilitas berupa super komputer yang memiliki kemampuan tinggi untuk dapat menunjang riset-riset, terutama yang berhubungan dengan industri digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper