Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukalapak, Grab dan Emtek Hadirkan Kota Masa Depan hingga Kuartal II/2022

Kolaborasi Kota Masa Depan berfokus pada tiga prioritas, yakni vaksinasi, adopsi platform digital dan pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pengembangan usaha melalui teknologi digital.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  03:00 WIB
Penyerahan Grab EV - Istimewa.
Penyerahan Grab EV - Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA), PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) dan Grab berkolaborasi menciptakan ekosistem usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) digital di kota-kota kecil.

Head of Media & Communications Bukalapak Fairuza Ahmad Iqbal menyebut, Bukalapak merupakan bagian dari ekosistem perusahaan teknologi di Indonesia, yaitu Emtek bekerjasama dengan Grab yang memiliki kesamaan misi untuk menjalankan program Kota Masa Depan.

Menurut Fairuza, tujuan utama dari kolaborasi Kota Masa Depan tersebut adalah untuk memperkuat masa depan tulang punggung ekonomi Indonesia yang lebih inklusif melalui program digitalisasi untuk UMKM.

Program tersebut menurutnya khusus digelar di kota-kota kecil di seluruh Indonesia yang berfokus pada tiga prioritas, yakni Vaksinasi, Adopsi Platform Digital dan Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.

"Kota Masa Depan menargetkan 10.000 UMKM, yang diselenggarakan secara bertahap hingga kuartal kedua 2022," ujarnya, Senin (27/12/2021).

Fairuza menjelaskan, program akan dijalankan di beberapa kota seperti Kupang, Solo, Gowa, Malang, serta Pekanbaru. Dalam tiga pilar program yang ada, Grab, Emtek, dan Bukalapak akan menggabungkan keahlian masing-masing guna mendampingi UMKM dalam mempersiapkan ekosistem ekonomi digital.

Pada tahun-tahun mendatang, Fairuza mengatakan, program Kota Masa Depan disiapkan untuk mencapai beberapa target spesifik. Salah satunya adalah menargetkan lebih dari 1.500 pelaku UMKM di kota Solo terintegrasi ke platform Grab dan Bukalapak.

Selain itu, menurut Fairuza, juga ada target penerapan promosi dan potongan harga di ekosistem Grab dan Bukalapak. Para perusahaan juga akan menargetkan 54 UMKM yang terpilih untuk mengikuti program akselerator dalam mengelola bisnis yang dimentori oleh Bukalapak dan Grab.

Adapun peran Emtek dalam program tersebut adalah mewadahi atau memperikan penghargaan terhadap 3 UMKM dalam bentuk publikasi melalui jaringan media yang dimiliki oleh Emtek.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm digitalisasi emtek bukalapak Grab
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top