Google Year in Search 2021, dari Squid Game hingga BTS Paling Banyak Dicari

Akbar Evandio
Kamis, 9 Desember 2021 | 01:50 WIB
Logo Google terlihat di luar kantor perusahaan teknologi tersebut di Beijing, China, Rabu (8/8)./Reuters-Thomas Peter
Logo Google terlihat di luar kantor perusahaan teknologi tersebut di Beijing, China, Rabu (8/8)./Reuters-Thomas Peter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan multinasional Google menyebutkan sepanjang 2021 deretan topik yang banyak dicari pengguna internet di Indonesia didominasi oleh topik hiburan.

Communications Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan mengatakan tahun 2021 merupakan momen bagi masyarakat Indonesia untuk bangkit kembali di tengah pandemi Covid-19, di mana tercermin dari topik yang mereka cari di Google.

"Tahun 2021 ini bagaikan momen atau waktu di mana masyarakat Indonesia itu mencari cara untuk pulih, untuk bagaimana saya bisa recover, bisa bangkit kembali. Namun bangkit kembalinya pun lebih tangguh dan benar-benar pivot, ganti haluan sekaligus," katanya lewat rilisnya, Kamis (9/12/2021).

Feliciana mencontohkan perubahan tren ini bisa dilihat dari dua kategori yang ada di Year in Search 2021 yaitu kategori Bagaimana Cara dan Resep.

Kategori Bagaimana Cara diisi oleh beberapa topik terkait pengembangan karier dan pribadi, misalnya cara membuat surat lamaran kerja, cara daftar kartu prakerja, dan cara membuat Google Form melalui ponsel pintar. Tidak hanya itu, warganet yang berniat menjadi wirausahawan juga mencari cara jualan daring lewat Google.

Selain itu, dalam kategori Overall Trending Year in Search 2021, Google juga mencatat beberapa topik terkait pekerjaan yang banyak dicari seperti Prakerja.go.id dan Google Translate.

Dia melanjutkan, warganet juga banyak menghabiskan waktunya untuk belajar memasak dan mencari resep baru di Google. Adapun, pada 2020 makanan yang trending adalah kopi dalgona, tetapi pada 2021 croffle yang banyak dicari oleh warganet. Hasil pencarian Google lainnya adalah cara menurunkan berat badan dan cara mengecilkan perut buncit.

"Kalau tahun lalu kita lihat masih kayaknya harus beradaptasi kayaknya masih bingung ini ada apa sih perubahannya. Namun, tahun ini kita benar-benar lihat sudah waktunya aksi semua," ujar Feliciana.

Google baru saja mengungkap daftar Year in Search 2021 yang berisi topik-topik yang banyak dicari oleh pengguna internet di Indonesia, seperti ikoy-ikoy, ghosting, cepu, jamet, dan lain-lain.

Selain itu, warganet juga banyak mencari tokoh yang ramai dibicarakan karena prestasi atau kontroversinya. Salah satunya adalah Dadang Subur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dewa Kipas.

Warganet juga banyak mencari informasi soal budaya pop seperti musik, film, dan serial TV yang banyak dibicarakan sepanjang 2021. Untuk kategori film dan serial TV masih dikuasai oleh drama Korea seperti Squid Game, Hometown Cha Cha Cha, dan Vincenzo.

Sementara itu lagu populer yang banyak dicari netizen cukup beragam, mulai dari lagu karya musisi lokal seperti Diskoria, Feby Putri, dan Lesti, sampai artis K-Pop seperti BTS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper