Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gedung Cyber I Terbakar, Startup Bakal Ganti Layanan Data Center?

Startup seperti Ruangguru dan Shopee ikut terkena dampak dari kebakaran yang menimpa Gedung Cyber I, Jakarta. Sebagaimana diketehui gedung tersebut digunakan oleh penyelenggara data center.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  19:35 WIB
Petugas menerobos asap tebal saat berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber 1, Jakarta, Kamis (2/12/2021).  - Antara
Petugas menerobos asap tebal saat berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber 1, Jakarta, Kamis (2/12/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Head of Corporate Communications Ruangguru Anggini Setiawan menyebut kebakaran yang menimpa Gedung Cyber I turut berdampak pada layanan startup Ruangguru. Dampak kebakaran tersebut hanya terbatas pada kontak layanan pelanggan. 

"Alhamdulillah tidak ada data yang rusak, tetapi nomor telepon layanan pelanggan kemarin down dan tidak dapat dihubungi," ujarnya, Jumat (3/12/2021).

Menurut Anggini ke depan, Ruangguru akan mengantisipasi dengan cara menyediakan cadangan yang siap untuk segera diaktivasi, sehingga layanan tetap bisa diberikan kepada pelanggan bahkan bila terjadi gangguan. 

Saat gangguan terjadi, Ruangguru mengalihkan nomor telepon customer service melalui VOIP, ke nomor telepon seluler salah satu penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. 

Menanggapi kebakaran yang menimpa fasilitas data center tersebut Anggini menyatakan Ruangguru tidak akan berpaling untuk menggunakan layanan lain. 

"Kami percaya bahwa ini merupakan force majeur yang saat ini juga masih terus diselidiki mengenai penyebab kebakarannya," ucapnya.

Anggini mengaktakan kegiatan bisnis Ruangguru secara keseluruhan relatif aman. Dengan adanya back up, Ruangguru masih tetap dapat menjalankan layanan customer service. 

Walaupun Ruangguru tetap harus memberitahukan kepada seluruh pelanggan bahwa nomor telepon yang biasa digunakan sedang down dan dialihkan ke nomor yang lain.

Selain Ruangguru, platform aplikasi super Shopee juga terdampak dengan adanya kebakaran yang menimpa fasilitas data center di Gedung Cyber I.

Setelah terjadi kebakaran, Shopee mengaku mengalami gangguan pada layanannnya. Namun, melalui siaran pers Shopee menyatakan layanannya telah kemabali pulih secara keseluruhan pada Jumat, (3/12/2021). 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

data center StartUp gedung cyber
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top