Synnex Metrodata Indonesia Gandeng Intel Luncurkan IDNUC

Rio Sandy Pradana
Jumat, 19 November 2021 | 12:19 WIB
PT Synnex Metrodata Indonesia dan Intel meluncurkan IDNUC. /Dok. Istimewa
PT Synnex Metrodata Indonesia dan Intel meluncurkan IDNUC. /Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), salah satu entitas anak Metrodata Group menggandeng Intel untuk meluncurkan IDNUC yang menggunakan teknologi virtualisasi yaitu Intel Desktop Virtualization (IDV).

IoT & Cloud Business Development Director Synnex Metrodata Indonesia Herianto menuturkan Intel menunjuk SMI sebagai Authorized Distributoruntuk memperluas pendistribusian produk tersebut yang akan menyasar konsumen akhir, perusahaan besar maupun menengah dan kecil di berbagai industri seperti banking atau sektor keuangan, customer care, sekolah, universitas, ritel.

"IDNUC merupakan mini PC yang bentuknya ringkas dan dapat digunakan untuk segala fungsi seperti PC desktop, digital signage, IoT Gateway, thin client, Point of Sales, dan lainnya," katanya dalam siaran pers, Jumat (19/11/2021).

Dia menambahkan kelebihan dari produk IDNUC ini adalah penggunaan teknologi virtualisasi IDV yang memungkinkan sebuah mini PC menjalankan sistem operasi (OS) lebih dari satu secara bersamaan (Chrome OS, Linux, Windows), sehingga pengguna bisa lebih hemat dari sisi pengadaan perangkat kerasnya.

IDNUC ini bekerja di NUC Intel, sehingga bisa divirtualisasikan dan menjalankan dua OS atau lebih dalam satu perangkat, dan bisa dijalankan secara bersamaan dengan task yang berbeda.

Keunggulannya lainnya yaitu virtualisasi IDNUC ini tidak membutuhkan data center back-end untuk bisa beroperasi. Adapun spesifikasi produk IDNUC ini memiliki processor intel, RAM dan storage yang dipartisi untuk masing-masing OS.

Selain itu, IDNUC juga memiliki banyak port input untuk dikoneksikan dengan periferal lain. Di bagian depan ada dua konektor USB tipe A dan Tipe C, konektor mic audio, dan tombol power.

Sementara, di bagian belakang ada konektor power supply, HDMI untuk menghubungkan ke monitor, RJ45 untuk koneksi ke jaringan LAN, dua port USB tipe A dan satu port USB tipe C. IDNUC ini juga mendukung jaringan nirkabel seperti bluetooth dan WiFi.

Heranto berharap hadirnya produk IDNUC ini bermanfaat bagi pengguna, khususnya teknologi virtualisasi untuk memudahkan end-user dalam memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas pemakaian mini PC. Dengan hadirnya Intel Desktop Virtualization, dapat memaksimalkan pemanfaatan perangkat keras serta berpengaruh terhadap kinerja perangkat tersebut.

“Kami sangat optimis produk IDNUC memiliki banyak keunggulan yang dapat meningkatkan value produk tersebut dan mampu bersaing di pasaran,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper