Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkominfo Sebut Mayoritas Wilayah Target Siap Gelar Siaran Digital

Khusus untuk 56 wilayah yang akan menjadi target analog switch off (ASO) tahap pertama, secara presentasi kesiapan infrastruktur multiplexing sudah 100 persen. 
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 16 November 2021  |  18:48 WIB
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230.  - Kompub ASO/Wienda Parwitasari
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. - Kompub ASO/Wienda Parwitasari

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan secara infrastruktur televisi digital, dari 112 wilayah siaran sebanyak 90 wilayah atau 80,63 persen wilayah telah siap untuk menggelar siaran digital. 

“Dari 112 wilayah layanan siaran yang menjadi target ASO, 80,63% telah memiliki infrastruktur multiplexing (mux)” kata Johnny di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Johnny mengatakan dengan tersedianya mux, masyarakat di daerah-daerah tersebut sudah dapat menyaksikan siaran digital saat ini atau simulcast. Simulcast adalah penggelaran siaran digital dan siaran analog secara bersamaan oleh lembaga penyiaran. 

Johnny menuturkan khusus untuk 56 wilayah yang akan menjadi target analog switch off (ASO) tahap pertama, secara presentasi kesiapan infrastruktur multiplexing sudah 100 persen. 

“Di sana cukup untuk menampung peralihan setiap siaran televisi analog secara keseluruhan,” kata Johnny. 

Sebaliknya, untuk daerah yang masuk pada tahap ASO kedua dan ketiga, Johnny mengatakan pembangunan infrastruktur ditargetkan selesai dua bulan sebelum masa ASO pada masing-masing tahapan ASO.

Diketahui dari 31 wilayah target ASO tahap II, sebanyak 17 wilayah (54,84 persen) telah tersedia infrastruktur mux. Sementara itu untuk tahap III, dari 25 wilayah target ASO, sebanyak 17 wilayah (68 persen) juga telah siap dengan infrastruktur mux.

“Jadi kalau tahap kedua 25 Agustus 2022, dua bulan sebelumnya tahap kedua infrastruktur harus siap. 2 November 2022 tahap ketiga, maka dua bulan sebelumnya harus sudah siap agar memudahkan pelaksanaan ASO,” kata Johnny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tv digital kemenkominfo migrasi siaran digital
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top