Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL, Telkomsel dan Indosat Bidik Peluang di Aplikasi Kebugaran

Tiga operator seluler terbesar di Tanah Air saling berlomba dalam menghadirkan aplikasi dan layanan menarik di sektor kesehatan, khususnya untuk menjaga kebugaran. Ketiganya berupaya menyedot lebih banyak cuan dari layanan kesehatan di penghujung 2021.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 14 November 2021  |  18:21 WIB
Ilustrasi. - Istimewa
Ilustrasi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga operator seluler terbesar di Tanah Air saling berlomba dalam menghadirkan aplikasi dan layanan menarik di sektor kesehatan, khususnya untuk menjaga kebugaran. Ketiganya berupaya menyedot lebih banyak cuan dari layanan kesehatan di penghujung 2021.

Belum lama ini, PT XL Axiata Tbk. (EXCL) melalui XL Axiata Business Solutions telah mengembangkan solusi internet untuk segalanya atau Internet of Things (IoT) berjenis perangkat tertempel di tubuh atau Wearable Device untuk mengukur kondisi kebugaran seseorang.

Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan bahwa solusi IoT tersebut dikembangkan, karena mampu memberikan visibilitas secara waktu nyata (real-time) tanpa batasan jarak dan waktu.

Untuk penggunaan layanan tersebut, kata dia, XL Axiata menggandeng Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC).

“XL Axiata Wearable Device ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan membantu RS MMC mengukur kondisi pengguna secara cepat dan tepat,” kata Feby, dalam konferensi virtual, Jumat (12/11/2021).

Dengan kerja sama itu, para pasien akan RS MMC akan mengenakan perangkat IoT di tubuh mereka agar dapat mengukur kesehatan tubuhnya.

XL Axiata Wearable Device merupakan perangkat yang bisa mengukur kondisi kebugaran tubuh, seperti detak jantung, elektrokardiogram (EKG), pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan.

Semua sinyal tersebut secara terus menerus dan instan diukur, kemudian dianalisis dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata, sehingga dapat memberikan report analisa kebugaran penggunanya dari waktu ke waktu.

Saat ini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan yang terdiri dari firma skala besar dan UKM yang bergerak di lebih dari 330 sektor industri.

Sementara itu, Telkomsel dan Indosat lebih memilih bermain di lapisan aplikasi dengan mengeluarkan fitur aplikasi kebugaran Fita dan IMove. Dengan bermain di aplikasi, maka target pasar mereka adalah para pelanggan ritel.

Pada kuartal II/2021, jumlah pelanggan Telkomsel mencapai 169 juta, sedangkan Indosat mencapai 62 juta di periode yang sama.

Saat peluncuran, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan bahwa melalui Fita, Telkomsel memiliki visi untuk dapat memberikan solusi Kesehatan berbasis health-tech di tengah masyarakat melalui inovasi dan teknologi.

Aplikasi Fita sudah dapat dinikmati masyarakat sejak Agustus 2021. Telkomsel mengklaim antusiasme masyarakat terhadap konten yang dihadirkan Fita makin tumbuh dengan lebih dari 350.000 pengunduh hingga November 2021.

Untuk mendaftar pada aplikasi Fita, pada tahap awal pengguna diwajibkan untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait kondisi fisik dan healthy goal yang ingin diraih.

Lalu, mereka akan diberikan daily task yang harus diselesaikan untuk membangun kebiasaan baik, sehingga terbentuk mindset yang merupakan langkah awal dari terciptanya pola hidup sehat.

“Kami berharap hadirnya Fita akan membantu masyarakat menerapkan hidup sehat melalui ragam konten berkualitas,” kata Hendri.

Adapun, Indosat meluncurkan aplikasi kebugaran pada 22 Oktober 2021 dengan nama IMove yang merupakan platform untuk pengalaman gaya hidup sehat dengan konsep gamifikasi, dan memiliki berbagai hadiah untuk pelanggan.

Pelanggan hanya cukup mengeluarkan Rp1.000 per hari untuk terlibat dalam gim dan berpeluang mendapat hadiah hingga Rp5 juta, atau pulsa data puluhan GB.

“Melalui IMove, kami menawarkan platform goal-setting, habit tracker, dan komunitas online untuk membantu pengguna mencapai tujuan individu mereka, tetap berkomitmen, serta mendapatkan hadiah,” kata SVP-Head of Digital Services Indosat Ooredoo Sudheer Chawla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telkomsel indosat kebugaran
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top