Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lawan Gugatan Merek, GoTo: Kami Punya Hak Penggunaan!

GoTo siap membuktikan mereknya memiliki hak penggunaan dalam gugatan merek di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 10 November 2021  |  08:41 WIB
Gojek dan Tokopedia merger menjadi Grup GoTo  -  Tech Crunch.
Gojek dan Tokopedia merger menjadi Grup GoTo - Tech Crunch.

Bisnis.com, JAKARTA – GoTo Group, hasil merger PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia, menyatakan meskipun berstatus tergugat, tetapi perusahaan siap membuktikan bahwa mereka mereka sudah memiliki hak penggunaan dan memanfaatan merek.

Corporate Affairs GoTo Group Astrid Kusumawardhani mengatakan perusahaan telah memiliki hak menggunakan dan memanfaatkan merek GoTo sebagaimana mestinya.

“GoTo memiliki hak menggunakan dan memanfaatkan merek GoTo sebagaimana mestinya,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (10/11/2021)

Lebih lanjut, dia menjelaskan sesuai dengan data yang ada di Ditjen KI Kementerian Hukum dan HAM, GoTo sudah terdaftar di beberapa kelas merek, yaitu kelas 9 (software, mobile apps), kelas 36 (layanan finansial) dan kelas 39 (transportasi/logistik).

"Sesuai dengan data yang ada di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM," katanya.

Selain itu, merek GoTo dinilai sudah memenuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

Untuk diketahui, penggunaan merek 'GoTo' rupanya menyisakan persoalan. Pasalnya, sebuah perusahaan bernama PT Terbit Financial Technology menggugat Gojek dan Tokopedia Rp2,08 triliun atas penggunaan merek 'GoTo'.

Adapun Terbit Financial Technology telah mendaftarkan gugatannya ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Selasa (2/11/2021). Gugatan tersebut dilayangkan kepada PT Aplikasi Anak Bangsa dan PT Tokopedia.

Terbit Financial Technology pun menyatakan merek GOTO yang mereka miliki telah terdaftar dengan Nomor: IDM000858218 pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.

Penggugat meminta majelis hakim menyatakan bahwa merekalah satu-satunya pemilik dan pemegang hak yang sah atas merek terdaftar GOTO berserta segala variasinya.

Kemudian pihaknya juga meminta agar pengadilan menyatakan GOTO, goto, dan goto financial mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek GOTO milik penggugat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merek Goto
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top