Fitur Multidevice WhatsApp Lakukan Pembaruan Panggilan dan Pesan

Dinda Aulia Ramadhanty
Selasa, 9 November 2021 | 22:05 WIB
Pesan WhatsApp
Pesan WhatsApp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp telah memperluas beta dukungan multi-perangkat (multi device) untuk platform panggilan dan pesannya. 

Perluasan fitur multi device ini memungkinkan penggunanya untuk menautkan perangkat sekunder melalui WhatsApp Web ke akun WhatsApp utama yang beroperasi di ponsel.

Selain itu, pembaruan ini juga membuat pengguna dapat mengirim atau menerima pesan serta panggilan tanpa mengharuskan perangkat utama untuk terhubung ke internet. 

Melansir pada timesofindia.com, Selasa (9/11/2021), fitur multi device WhatsApp masih dalam versi beta (belum final), tetapi untuk pengguna yang ingin menguji fitur tersebut harus bergabung terlebih dahulu dengan program beta Multi-Perangkat dari dalam aplikasi. Dan untuk saat ini, WhatsApp juga menawarkan opsi untuk keluar dari program beta. 

Berdasarkan laporan terbaru WABetainfo, WhatsApp telah melakukan pembaruan versi 2.21.23.10 melalui Program Beta Google Play. Dalam laporan tersebut juga mengungkapkan dukungan multi-perangkat ini akan segera menjadi fitur wajib pada pembaruan mendatang. 

Kemudian, WABetaInfo juga mengungkapkan bahwa opsi untuk keluar dari program beta multi-perangkat WhatsApp telah dihapus untuk pengguna dalam versi beta 2.21.23.10.  

Hal tersebut mengindikasikan bahwa fitur tersebut dihapus dari versi beta pada pembaruan mendatang dan akan segera menjadi fitur permanen. 

Petunjuk ini menunjukkan bahwa WhatsApp siap untuk membuat dukungan wajib multi-perangkat dan kemungkinan akan diluncurkan ke semua orang di platform. 

Bagaimana fitur Whatsapp multi device akan mempengaruhi pengguna?

Saat ini, fitur Multi-perangkat masih dalam versi beta dan dengan opsi untuk ikut serta dan keluar dari program beta. Ini berarti pengguna memiliki kehendak bebas untuk memilih apakah mereka ingin mendaftar ke program beta atau sekarang.  

Namun, dengan dihapusnya fitur tersebut, pengguna tidak akan memiliki opsi untuk keluar dari program lagi. 

Lebih rinci, berdasarkan isi laporan WABetainfo, pengguna yang sudah menggunakan fitur tersebut akan keluar dari semua perangkat yang terhubung dan harus masuk lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper