Profil Terbit Financial Technology, Perusahaan yang Gugat Merek GoTo Rp2,08 Triliun

Ithamar Yaomi DC
Senin, 8 November 2021 | 15:05 WIB
PT Terbit Financial Technology gugat Gojek dan Tokopedia terkait penggunaan merek GoTo/FB Terbit Financial Technology
PT Terbit Financial Technology gugat Gojek dan Tokopedia terkait penggunaan merek GoTo/FB Terbit Financial Technology
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan merek GoTo rupanya menimbulkan persoalan. Sebuah perusahaan bernama PT Terbit Financial Technology menggugat Gojek dan Tokopedia Rp2,08 Triliun atas penggunaan merek GoTo.

Merek GoTo muncul pascamerger antara Gojek dan Tokopedia yang resmi diumumkan 17 Mei 2021. Kolaborasi dua perusahaan ini merupakan merger antara dua perusahaan Unicorn terbesar di Indonesia.

Terbit Financial Technology telah mendaftarkan gugatannya ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Selasa (2/11/2021). Gugatan tersebut dilayangkan kepada PT Aplikasi Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia (Tokopedia).

Lalu, siapa sebenarnya PT Terbit Financial Technology?

Mengutip laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual milik Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM menyebutkan bahwa PT Terbit Financial Technology beralamat di Gedung World Trade Center II Lt 18, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Namun, alamat surat menyuratnya bertuliskan di Cohive Menara Prima Jl Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Setiabudi, Jakarta.

Saat melakukan penelusuran di internet, Bisnis tidak menemukan terlalu banyak informasi tetang PT Terbit Financial Technology. Melalui platform Linkedin, ditemukan perusahaan dengan nama yang sama dan merupakan jaringan e-commerce business to business.

Sayangnya, situs yang tertera di laman Linkedin www.tbx.co.id tidak bisa diakses pada Senin (8/11/2021).

Jika dikutip dari akun Facebook, PT Terbit Financial Technology adalah jaringan e-commerce business-to-business pertama di Indonesia.

"Sekarang Anda dapat berkolaborasi dengan perusahaan mana pun, kapan pun dan dari mana pun untuk mengirim dan menerima e-dokumen [kutipan, pesanan pembelian, saran pengiriman/penerimaan, faktur, nota kredit/debit, retur dan nota pengiriman uang]," tulis laman Facebook PT Terbit Financial Technology pada Senin (8/11/2021).

Terbit Financial Technology mengklaim layanan jasa yang ditawarkan akan menguntungkan bisnis konsumen karena mampu memotong biaya, meningkatkan efisiensi dan meningkatkan visibilitas arus kas.

Berikut Kekayaan Intelektual yang dimiliki oleh PT Terbit Financial Technology:

- GoTo

- TERBIT

- TBXONE

Merek GOTO sendiri telah didaftarkan oleh PT Terbit Technology Financial dengan tanggal daftar 25 Mei 2021 dan nomor pendaftaran IDM000858218. Tanggal dimulai perlindungan atas merek ini adalah 10 Maret 2020 dan berakhirnya perlindungan pada 10 Maret 2030.

Dalam keterangan yang tercantum, jenis barang yang disediakan antara lain adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang tidak bisa diunduh dan dapat diprogram untuk perangkat seluler, TV dan perangkat video lain, desain dan pengembangan perangkat keras dan lunak komputer untuk aplikasi industri.

Sementara itu, merek GoTo untuk Gojek dan Tokopedia juga telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, yakni tertanggal pada 27 Oktober 2021 dengan nomor pendaftaran IDM000903101. Tanggal dimulainya perlindungan pada 5 Maret 2021 dan tanggal berakhirnya perlindungan 5 Maret 2031.

Dalam keterangannya, jenis barang yang tersedia antara lain adalah aplikasi perangkat lunak komputer bidang periklanan dan layanan perdagangan elektronik. Aplikasi super app untuk layanan komunikasi elektronik, layanan penjualan barang, jasa, pengantara barang, kesehatan, keuangan dan ketenagakerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper