Tahun Depan, Apple Watch Bisa Deteksi Kecelakaan Mobil

Annasa Rizki
Rabu, 3 November 2021 | 12:19 WIB
Apple Watch 7/Apple
Apple Watch 7/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah merilis fitur Apple Watch terkait kesehatan, kini pihaknya merilis fitur fall detection untuk mendeteksi kecelakaan mobil.

Apple dikabarkan tengah mengerjakan fitur iPhone dan Apple Watch yang dapat mendeteksi jika penggunanya mengalami kecelakaan mobil. Pendeteksian tersebut akan langsung menghubungi bantuan secara otomatis. 

Melansir dari The Verge, Rabu (3/11/2021), Google telah lebih dulu memiliki Google’s Personal Safety App dalam Pixel yang akan menghubungi bantuan Ketika terdeteksi ada kecelakaan mobil. Banyak mobil di jalan saat ini tidak dilengkapi dengan fitur konektivitas apa pun.

Melalui deteksi tabrakan/kecelakaan di iPhone juga berarti lebih banyak pengemudi bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan dalam kecelakaan selama mereka memilikinya di saku atau dipasang di dasbor. Rencananya, fitur terbaru yang tengah dikembangkan ini akan rilis pada 2022. 

Saat ini, fitur Apple Watch yang sangat berguna bagi penggunanya dalam hal kesehatan seperti deteksi jatuh dan mengukur kadar oksigen. Pengguna dapat mengukur kadar oksigen secara otomatis dengan pengukuran latar belakang.

Pada Apple Watch series SE, 4, atau lebih baru, saat Anda memakainya dan jatuh dengan keras seperti jatuh dari motor, sepeda, maupun pohon, Apple Watch akan ‘tap’ pergelangan tangan, membunyikan alarm, dan menampilkan peringatan. 

Jika Apple Watch Anda mendeteksi bahwa Anda tidak bergerak selama sekitar satu menit, Apple Watch akan memulai hitungan mundur 30 detik, sambil mengetuk pergelangan tangan Anda dan membunyikan peringatan. 

Bunyi peringatan akan semakin keras, sehingga Anda atau seseorang di sekitar dapat mendengarnya. Jika Anda tidak ingin menelepon layanan darurat, ketuk ‘Batal’. Saat hitungan mundur berakhir, Apple Watch Anda secara otomatis menghubungi layanan darurat.

Sementara itu, masih banyak fitur ‘health tracking’ dari Apple yang masih direncanakan seperti mengukur kadar gula darah dan deteksi sleep apnea,.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper