Sebuah Asteroid Besar Menyelinap, Bersembunyi di Dekat Matahari

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 28 September 2021 | 15:40 WIB
Batuan luar angkasa asteroid
Batuan luar angkasa asteroid
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah batu luar angkasa atau asteroid yang mungkin berukuran sekitar lapangan sepak bola terbang melintasi antara bulan dan Bumi. Asteroid yang dikatalogkan sebagai 2021 SG, tidak terlihat lagi setelah melewati Bumi.

Pergerakannya memberikan momen de javu bagi pengamat langit yang mungkin mengingat bolide besar yang tidak terlihat hingga  meledak pada 2013 di atas Chelyabinsk, Rusia.

Meteor itu diperkirakan hanya sekitar seperempat diameter 2021 SG, namun itu cukup besar untuk menciptakan gelombang kejut dan dapat melukai ratusan manusia di Bumi.

2021 SG pada 16 September melewati bumi pada jarak yang relatif dekat, secara astronomis sekitar 153.000 mil (246.000 km).

Jika telah memasuki atmosfer Bumi, kemungkinan besar akan menyebabkan kehancuran, terutama jika menghantam di dekat daerah berpenduduk. 

Seperti yang dijelaskan oleh duta tata surya NASA Eddie Irizarry dan pemimpin redaksi EarthSky Deborah Byrd , kedua batuan luar angkasa itu tidak terdeteksi saat mendekati kita karena mereka datang dari arah matahari. 

Para astronom, menggunakan teleskop besar, survei langit, dan teknologi canggih lainnya, telah menjadi sangat baik dalam melihat, membuat katalog, dan melacak semua jenis objek di luar angkasa, hingga potongan-potongan kecil satelit tua di orbit. Tapi saat ini tidak ada cara yang baik untuk mengawasi objek

NASA berencana untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa NEO Surveyor pada tahun 2026, yang akan diparkir di Bumi dan matahari sehingga dapat mendeteksi objek yang tidak dapat kita lihat dari sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper