Telkom: Jaringan IndiHome dan Telkomsel Berangsur Pulih

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 20 September 2021 | 10:06 WIB
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
BTS Telkomsel yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan melalui teknologi fuel cell. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. mengklaim jaringan telekomunikasi yang sempat terganggu pada Minggu 19 September 2021 malam, telah berangsur pulih.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan bahwa layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pascagangguan sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatra, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam–Pontianak.

“Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam,” kata Pujo kepada Bisnis, Senin (20/9/2021). 

Pujo menuturkan, Telkom menambah kapasitas link di beberapa wilayah Indonesia, seperti papua, Kalimantan, dan Jawa. Selain itu, perusahaan juga mengoptimalkan gerbang internasional di Manado untuk memulihkan layanan.

“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” kata Pujo.

Telkom, ujar Pujo, berhasil mengidentifikasi asal gangguan. Diketahui gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Dengan diketahuinya titik gangguan, perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut segera mempersiapkan upaya perbaikan agar infrastruktur tersebut bisa segera berfungsi normal.

“Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” kata Pujo.

Sebelumnya, melalui akun twitter terverifikasi @Telkomsel, anak usaha Telkom itu menyampaikan detail wilayah yang internetnya mengalami gangguan.

Daerah itu adalah sejumlah titik di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

“Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. Sedangkan, untuk layanan telpon dan SMS masih dapat diakses dengan normal,” ulas akun @telkomsel, Minggu (19/9/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper