iPad Mini Baru Lebih Bagus dari iPad Air, Benarkah?

Rika Anggraeni
Kamis, 16 September 2021 | 15:33 WIB
iPad Mini 6/Apple inc
iPad Mini 6/Apple inc
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple memperkenalkan iPad Mini baru yang diklaim memiliki beberapa peningkatan utama dibandingkan iPad Air generasi ke-4 tahun lalu. Simak perbandingan antara iPad Mini baru dengan iPad Air, mulai dari kamera, prosesor, hingga harga.

Generasi iPad Mini baru itu diluncurkan bersamaan dengan peluncuran iPhone 13 pada Selasa (14/9/2021). Meski meluncurkan generasi iPad Mini terbaru, sayangnya Apple tidak memperbarui iPad Air dengan pembaruan ini dan malah memilih untuk tetap menjual model yang ada bersama dengan iPad Mini baru.

Jika Anda tertarik untuk membeli generasi iPad Mini terbaru, simak pembaruan yang ada di iPad Mini 6. Dilansir dari 9to5Mac, berikut  perbandingan antara iPad Mini baru dengan iPad Air: 

1. Kamera lebih baik
Perbedaan utama pertama adalah pada kamera FaceTime. iPad Mini memiliki kamera depan ultrawide 12MP seperti iPad Pro yang diperkenalkan pada bulan April.

Sementara pada iPad Air memiliki kamera FaceTime HD biasa sebesar 7MP. Kamera depan iPad Mini juga memiliki aperture f/2.4 yang lebih besar, zoom out 2x, rentang dinamis yang diperluas untuk video, dan perekaman 1080p pada 25 fps, 30 fps, dan 60 fps.

Untuk kamera belakang, iPad Mini sama seperti iPad Air yaitu 12MP. Tetapi yang membedakan terletak pada penambahan flash True Tone quad-LED. Penambahan ini mungkin karena sifat iPad mini yang lebih portabel.

Sedangkan kemampuan kamera video telah meningkat secara substansial. Mini iPad memperoleh kemampuan untuk merekam video HD 1080p dalam 25 fps dan 30 fps serta rentang dinamis baru yang diperluas untuk video hingga 30 fps.

2. Prosesor ditingkatkan
Perbedaan perangkat keras utama lainnya adalah prosesor onboard. Mini iPad memiliki chip A15 Bionic 5-nanometer yang semuanya baru yang juga ada di iPhone 13, sedangkan iPad Air terus menggunakan chip A14 dari tahun lalu.

Dengan adanya chip A15 ini tampaknya merupakan peningkatan kecil dari chip A14, jadi Anda tidak perlu melihat perbedaan kinerja dalam penggunaan sehari-hari. Tetapi Anda mungkin mendapatkan pembaruan perangkat lunak satu tahun ekstra dalam jangka panjang.

3. Kompatibilitas 5G
Model iPad Mini memiliki kompatibilitas 5G yang dapat mengunduh lebih cepat dan streaming juga berkualitas tinggi. Generasi baru ini tidak seperti iPad Air yang tetap hanya mengandalkan LTE.

Meskipun 5G mungkin tidak membuat perbedaan yang signifikan bagi banyak orang, namun bagi orang-orang yang tinggal di daerah jaringan 5G lebih menonjol serta lebih cepat dibandingkan LTE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper