Malam Ini, Masyarakat Indonesia Bisa Lihat Blue Moon

Novita Sari Simamora
Minggu, 22 Agustus 2021 | 12:31 WIB
Fenomena bulan biru atau blue moon akan terjadi malam ini, Minggu (22/8/2021).
Fenomena bulan biru atau blue moon akan terjadi malam ini, Minggu (22/8/2021).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Malam ini, masyarakat seluruh Indonesia bisa menyaksikan bulan biru atau blue moon pada 22 Agustus 2021.

Adapun fenomena bulan biru biasanya terjadi tiap dua atau tiga tahun sekali. Ini juga terjadi pada 19 Mei 2019 dan 22 Mei 2016. Pada tiga tahun mendatang.

Andi Pangerang, Peneliti Pusat Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menuturkan  bahwa ada dua definisi yang berbeda mengenai Bulan Biru.

Pertama, bulan biru musiman (Seasonal Blue Moon), yakni bulan purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi empat kali bulan purnama.

Kedua, bulan biru bulanan (Monthly Blue Moon), yakni bulan purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi dua kali bulan purnama.

bulan biru bluemoon malam ini
bulan biru bluemoon malam ini

Mengapa Bisa Terjadi Bulan Biru?

Umumnya dalam astronomis (yang ditandai oleh solstis ataupun ekuinoks) dapat terjadi tiga kali bulan purnama. Hal ini dikarenakan durasi musim untuk musim gugur (belahan utara) dan musim dingin (belahan utara) rata-rata 89,5 hari, sedangkan durasi musim untuk musim semi (belahan utara) dan musim panas (belahan utara) rata-rata 93 hari.

Sedangkan rata-rata lunasi (satu siklus periode sinodis Bulan mengelilingi Bumi) sebesar 29,53 hari. Sehingga 89,5 : 29,53 = 3,03 atau dibulatkan menjadi 3.

Namun, jika bulan purnama pertama berdekatan dengan awal musim astronomis, maka memungkinkan dalam sebuah musim astronomis terjadi empat kali Bulan Purnama. Bulan purnama ketiga dalam sebuah musim astronomis yang mengalami empat kali Bulan Purnama inilah yang disebut sebagai bulan biru atau blue moon.

Dalam kalender Masehi, ada tujuh bulan yang berumur 31 hari dan ada empat bulan yang berumur 30 hari. Nilai ini lebih besar dari rata-rata lunasi yakni 29,53 hari.

Bila bulan purnama terjadi di sekitar awal bulan Masehi, maka akan sangat memungkinkan dalam satu bulan di kalender Masehi terjadi dua kali bulan purnama. Bulan Purnama kedua dalam sebuah bulan di kalender Masehi inilah yang disebut juga sebagai Bulan Biru atau blue moon.

blue moon malam ini
blue moon malam ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper