Barindo Bantu Telkomsel Bangun Ekosistem 5G untuk Industri

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:47 WIB
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) terus memperkuat ekosistem 5G untuk kawasan industri. Kerja sama yang terjalin dengan PT Barindo Anggun Industri menjadi bagian dari upaya tersebut.

VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang mengatakan teknologi Narrowband (NB) IoT yang digunakan pada Smart Water Meter bersama Barindo Anggun, merupakan bagian dari peta jalan implementasi 5G. Telkomsel berupaya untuk menghadirkan solusi 5G yang dapat terkoneksi dengan jutaan perangkat dalam radius 1 kilometer.

"Solusi NB IoT ini dapat digunakan pada smart meter air, gas, dan listrik, kemudian lampu jalan pintar serta sensor-sensor lingkungan lainnya," kata Alfian kepada Bisnis.com, Rabu (11/8/2021).

Alfian berpendapat penerapan teknologi NB-IoT dan 5G dalam sektor industri dapat mengakselerasi digitalisasi operasional perusahaan.

Telkomsel terus bekerja sama dengan para mitra ekosistem di segmen enterprise lainnya untuk mendorong akselerasi Industry 4.0 dengan mengembangkan solusi digital yang berbasis kebutuhan pelanggan atau customer centric.

“Solusi IoT dengan implementasi teknologi 5G akan membuka berbagai peluang baru bagi sektor industri,” kata Alfian.

Dia menambahkan sentuhan teknologi 5G mengurangi latensi data dan dapat mendukung solusi-solusi yang membutuhkan kecepatan data yang sangat tinggi.

Sektor Manufaktur, eksplorasi pertambangan, minyak dan gas serta transportasi, menurut Alfian. akan banyak mendapatkan manfaat dari implementasi Teknologi 5G pada IoT.

Sebelumnya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menjalin kerja sama dengan PT Barindo Anggun Industri. Melalui unit bisnisnya, Telkomsel IoT, Barindo akan menggunakan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air.

Solusi IoT yang bernama Smart Water Meter tersebut akan membuat perusahaan makin efisien dan efektif dalam beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper