Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tahun 2022, Ada Penampakan Komet C/2021 O3 Mendekati Bumi, Bahayakah?

Peluang terbaik untuk mencoba mengamati Komet C/2021 O3 (PanSTARRS) adalah pada akhir April 2022 dan sedikit membaik pada awal Mei 2022.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  19:40 WIB
Komet C - 2021 O3
Komet C - 2021 O3

Bisnis.com, JAKARTA— Sebuah komet bernama C/2021 O3, kini sedang mendekati tata surya bagian dalam.

Diperkirakan, komet yang baru ditemukan pada akhir Juli 2021 silam ini memiliki jarak teropong terjelas pada akhir April dan awal Mei 2022.

Pusat Planet Kecil IAU di Cambridge, Massachusetts menetapkannya namanya sebagai Komet C/2021 O3 (PanSTARRS) pada 1 Agustus.

Dilansir dari earthsky, Jumat (6/8/2021) gambar konfirmasi dalam penagamatan tersebut menunjukkan koma kompak atau atmosfer komet. Menariknya, orbit komet tampak seperti parabola.

Artinya, bentuk orbitnya menunjukkan komet ini memiliki kecepatan lepas yang cukup untuk menarik diri dari gravitasi matahari.

Dan, jika komet tersebut selamat dari sapuan itu, dia akan keluar dari orbit bumi. Namun, jika komet itu terganggu oleh planet yang lebih besar misalnya seperti Jupiter, batuan luar angkasa itu memiliki peluang untuk belok ke ruang yang lebih luas dari galaksi Bima Sakti bumi, dan tidak pernah kembali.

Para ilmuwan pertama kali mengamati C/2021 O3 (PanSTARRS) pada 26 Juli. Mereka menggunakan teleskop Pan-STARRS 1 71-inci (1,8 meter) di Hawaii. Mereka menemukannya di arah konstelasi Pegasus the Flying Horse.

Dan mereka menemukannya saat itu masih 4,3 unit astronomi (AU) dari matahari lebih dari empat kali jarak Bumi. Komet itu masih sangat redup seperti yang terlihat dari Bumi pada magnitudo 20.

Pengamatan memungkinkan para ilmuwan untuk menghitung orbitnya, yang menunjukkan itu akan berada di perihelion atau jarak terdekat dengan matahari sekitar 20-21 April 2022.

Jarak terdekat komet ke Bumi akan mengikuti peristiwa ini. Komet akan paling dekat dengan bumi sekitar 7-9 Mei 2022.

Masih belum bisa dipastikan komet ini bisa dilihat oleh mata telanjang atau tidak. Komet tidak dapat diprediksi. Dan masih terlalu dini untuk mengetahui apa yang diharapkan dari komet baru ini.

Satu hal yang dapat diketahui adalah bahwa komet akan dekat dengan matahari saat paling terang. Jadi pengamat akan membutuhkan pandangan yang tidak terhalang ke ufuk barat laut untuk melihatnya beberapa bulan dari sekarang, tak lama setelah matahari terbenam.

Peluang terbaik untuk mencoba mengamati Komet C/2021 O3 (PanSTARRS) adalah pada akhir April 2022 dan sedikit membaik pada awal Mei 2022.

Perhitungan menunjukkan kemungkinan komet mencapai magnitudo 7 atau 6, dan bahkan mungkin 5,5 angka yang lebih rendah dan lebih cerah.

Jangan terlalu bersemangat jika Anda melihat beberapa klaim komet terang akan datang. Komet sangat tidak menentu dan tidak dapat diprediksi, dan sebagian besar membutuhkan bantuan optik.

Jangan lupa, ada bahwa ada komet lain bernama C/2021 A1 (Leonard) yang mungkin memberikan pemandangan sangat indah pada Desember 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa Komet
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top