Teknologi IoT Telkomsel Dukung Transformasi Digital Barindo Anggun Industri

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 5 Agustus 2021 | 06:46 WIB
Ilustrasi Internet of things
Ilustrasi Internet of things
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menjalin kerja sama dengan PT Barindo Anggun Industri. Melalui unit bisnisnya, Telkomsel IoT, Barindo akan menggunakan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air. 

Solusi IoT yang bernama Smart Water Meter tersebut akan membuat perusahaan makin efisien dan efektif dalam beroperasi. 

VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang mengatakan kerja sama yang terjalin merupakan bukti bahwa sektor industri harus berubah untuk lebih mengedepankan kepuasan pelanggan yang berubah seiring perkembangan zaman. 

“Secara operasional solusi ini  mampu meningkatkan produktivitas, menciptakan efisiensi dan efektifitas kerja serta keputusan bisnis berbasis data,” kata Alfian dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (4/8/2021). 

Sekadar informasi, inovasi teknologi akses NB-IoT pada solusi Smart Water Meter merupakan bagian dari teknologi Smart Grid yang berfungsi sebagai “last mile” atau akses pelanggan. 

Semua perangkat dan alat nantinya akan terhubung secara daring dengan pengelolaan server terpusat. Komponen Smart Water Meter terdiri dari sistem smart meter, sistem komunikasi terintegrasi, dan sistem aplikasi pada server.

Pemanfaatan teknologi NB-IoT pada alat meter air tersebut merupakan tahap modernisasi yang dilakukan oleh PT Barindo Anggun Industri untuk meningkatkan kualitas produk yang dapat mendorong efisiensi dan produktivitas bagi pengguna teknologi layanan tersebut, yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). 

Dengan solusi ini, PDAM dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan karena dapat mengontrol status dan mengumpulkan informasi langsung dari water meter dengan data terkini. 

PDAM dapat mengetahui Non Revenue Water (NRW) apabila terjadi kebocoran pada instalasi pipa, mengetahui penggunaan air yang berlebih, dan dapat membaca jumlah penggunaan air oleh pelanggan di water meter secara waktu nyata. 

“Pemanfaatan teknologi ini juga dapat mengurangi potensi kesalahan di water meter pelanggan, memberikan akurasi tagihan yang lebih tepat, dan dapat diintegrasikan dengan sistem prabayar sehingga memudahkan PDAM maupun pelanggan dalam bertransaksi,” kata Alfian. 

Pada tahap awal kerja sama ini, Smart Water Meter akan tersedia di wilayah Surabaya dan Makassar, yang kemudian akan mencakup 12 kota besar Indonesia lainnya. 

Ke depan, ketersediaan alat ukur pemakaian air terdepan tersebut akan terus bertambah seiring dengan semakin tingginya kebutuhan sektor industri dan korporasi terhadap solusi yang dihadirkan melalui teknologi IoT Telkomsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper