Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Axiata Bakal Hadirkan 5G di Kawasan Industri Suryacipta Karawang

XL Business Solutions melakukan penandatangan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya untuk menyediakan jaringan serat optik di kawasan industri Suryacipta Karawang, Jawa Barat. 
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 Agustus 2021  |  14:52 WIB
XL Axiata Bakal Hadirkan 5G di Kawasan Industri Suryacipta Karawang
Salah satu sudut di kawasan industri Suryacipta, Karawang. Kawasan industri ini dikelola oleh PT Suryacipta Swadaya, anak usaha PT Surya Semesta Internusa Tbk. - suryacipta.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Jaringan serat optik  PT XL Axiata Tbk. bakal melayani 149 pabrik yang terdapat di kawasan industri di Karawang, Jawa Barat.

Serat optik tersebut merupakan cikal bakal XL dalam menghadirkan solusi 5G di kawasan industri milik PT Suryacipta Swadaya.  

Kedua perusahaan hari ini, Kamis (5/8/2021) menandatangani kesepakatan kerja sama yang memungkinkan 5G XL melayani perusahaan-perusahaan besar yang terdapat di kawasan industri Suryacipta Karawang.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan jaringan serat optik yang XL bangun di kawasan industri tersebut merupakan bagian dari peta jalan infrastruktur untuk mendukung implementasi 5G ke depan. 

Peluang pemanfaatan teknologi 5G di kawasan industri sangat besar. Solusi internet untuk segalanya (internet of things/IoT) yang ada saat ini akan menggunakan jaringan 5G untuk menghadirkan layanan yang lebih optimal. 

“Ketika 5G sudah terimplementasi maka implementasi IoT akan beralih ke 5G. Dan jika sudah ada transmisinya [serat optik] maka bakal jauh lebih mudah,” kata Feby dalam konferensi virtual, Kamis (5/8//2021).  

Sekadar informasi, saat ini XL Axiata dalam proses mengikuti uji laik operasi (ULO) 5G di Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Jika dinyatakan lulus, XL resmi memiliki izin untuk menggelar 5G secara komersial. Sejauh ini, XL terus menggenjot pergelaran serat optik. Sebanyak 19.000 titik layanan XL ditargetkan akan terhubung dengan serat optik pada tahun ini. 

Selain menyiapkan infrastruktur, XL juga mematangkan ekosistem 5G dan menggandeng banyak mitra, salah satunya adalah pemilik kawasan industri.  

XL Axiata melalui XL Business Solutions baru saja melakukan penandatangan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya untuk menyediakan jaringan serat optik di kawasan industri Suryacipta Karawang, Jawa Barat. 

Perusahaan berkode saham EXCL itu akan menyediakan berbagai layanan solusi bisnis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ratusan tenant yang beroperasi di kawasan industri yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat tersebut. XL sendiri saat ini dalam proses uji

Dalam kerjasama ini, XL Axiata akan membangun jaringan serat optik yang akan melayani seluruh area kawasan industri Suryacipta seluas 1400Ha dengan kurang lebih 149 tenant/pabrik. 

Di kawasan tersebut saat ini terdapat berbagai perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi, ritel, farmasi, obat-obatan, otomotif, makanan dan minuman, teknologi informasi, dan pusat data. 

Secara umum, sebagian besar kategori calon pelanggan pada wilayah tersebut adalah korporasi besar lintas negara. Apabila jaringan serat optik XL Axiata telah terbangun, maka korporasi tersebut akan memiliki pilihan untuk menggunakan jaringan milik XL Axiata baik sebagai link utama maupun pengganti.

Sementara itu, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya memberikan manfaat bisnis bagi kedua pihak, termasuk bagi para perusahaan yang sekaligus pelanggan korporasi XL. 

“Solusi bisnis berbasis teknologi digital sudah menjadi tuntutan di semua bidang industri, sehingga ketersediaan infrastruktur berupa serat optik juga menjadi keharusan bagi setiap kawasan industri, kata Dian. 

Dian Siswarini menambahkan melalui kerja sama ini, XL Business Solutions akan menyediakan solusi bisnis yang meliputi kolaborasi pusat data, layanan konektivitas internet tetap dan internet bergerak dan layanan teknologi informasi dan komunikasi. 

Direktur Utama Suryacipta Swadaya Johannes Suriadjaja mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk keseriusan Suryacipta dalam mewujudkan industry 4.0 dengan menyediakan sarana digital yang mumpuni berbasis Internet of Things (IoT). 

“Melihat investasi dan bisnis di bidang IT yang makin berkembang membuat kami kian bersemangat untuk merealisasikan mimpi Suryacipta City of Industry menjadi home base bagi industri IT dan pusat data, sejalan dengan pengembangan digital park di fase 3 kami,” kata Johannes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata kawasan industri teknologi 5G
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top