Komersialisasi 5G, XL Axiata Gaet Sektor Pendidikan dan Industri

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:46 WIB
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keterlibatan instansi pendidikan dan industri menjadi jurus PT XL Axiata Tbk. saat komersialisasi 5G nanti. Perusahaan berkode saham EXCL itu ingin menghadirkan layanan 5G secara lengkap.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan perseroan sedang menjalani proses uji laik operasi (ULO) 5G.

Sesuai dengan jadwal, rangkaian acara 5G ULO ini direncanakan berlangsung selama 3 hari dimulai dari 3 Agustus 2021 - 5 Agustus 2021.

Secara paralel, kata Ayu, perseroan menyiapkan jaringan untuk bisa memberikan layanan 5G kepada pelanggan dan di waktu yang sama bekerja sama dengan berbagai instansi baik pendidikan maupun industri untuk mengembangkan kasus pemanfaatan atau (use case) 5G.

“Dengan begitu pada saat komersialisasi dilakukan, di saat yang sama use case-use case 5G juga sudah mulai siap,” kata Ayu, Selasa (3/8/2021).

Sekadar informasi, dari sisi ketersediaan infrastruktur, XL terus memperpanjang jaringan serat optik yang dimiliki. Hingga saat ini, XL telah memiliki kabel serat optik sepanjang 113.000 kilometer.

XL tengah melakukan uji tuntas untuk mengakuisisi 2,7 juta homepass milik Link Net. Jika kesepakatan terjadi, jangkauan serat optik milik XL akan makin luas.

Jaringan serat optik tersebut tidak hanya digunakan untuk 5G juga untuk layanan internet rumah yang mereka miliki yaitu XL Home.

“Pada dasarnya XL Axiata selalu terbuka dengan segala peluang yang ada selama dapat memberikan manfaat positif untuk kelangsungan bisnis kami,” kata Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper