Ini Tiga Aplikasi Media Sosial Favorit Gen Z

Newswire
Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:06 WIB
Logo TikTok ditampilkan di TikTok Creator's Lab 2019 yang digelar Bytedance Ltd. di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/2/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Logo TikTok ditampilkan di TikTok Creator's Lab 2019 yang digelar Bytedance Ltd. di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/2/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Generasi Z atau Gen Z disebut lebih banyak menggunakan aplikasi Instagram, Snapchat, dan TikTok dibandingkan dengan Youtube dan Facebook.

Hasil tersebut diperoleh Pew Research yang melakukan survei pada 1.502 orang Amerika dari 25 Januari hingga 8 Februari 2021 melalui telepon. Adapun, Generasi Z atau Gen Z adalah mereka yang lahir pada pertengahan 1990-an sampai pertengahan 2000-an.

Media sosial yang menjadi favorit para kaum Gen Z adalah Instagram, Snapchat, dan TikTok. Bagi kalangan anak berusia 18 hingga 29 tahun, mereka lebih menonjol dalam penggunaan media sosial Instagram (71 persen), Snapchat (65 persen), atau Tiktok (48 persen).

Sebagian besar pengguna Instagram dan Snapchat mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi tersebut setiap hari. Beberapa bahkan mengatakan bahwa mereka bisa mengunjungi platform tersebut beberapa kali dalam sehari.

Karen North, seorang pakar media sosial dari University of Southern California, mengatakan bahwa daya tarik dari ketiga aplikasi favorit Gen Z adalah pengguna tidak hanya bisa berkirim pesan melainkan juga bisa mengekspresikan diri melalui foto dan video. Dirinya membandingkan pengalaman bermedia sosial dengan pergi ke klub malam.

"Dalam beberapa hal, kami menduga anak muda akan menemukan klub malam baru yang panas. Dan sekarang, anak-anak muda mengunjungi aplikasi ini, tinggal di sana sebentar dan berpesta sampai mereka menemukan sesuatu yang baru," ucap North.

Hal senada juga diungkapkan oleh Helen Wang, seorang profesor komunikasi di University of Buffalo. Wang menjelaskan bahwa Instagram, Snapchat, dan TikTok memiliki fitur yang lebih disesuaikan untuk Gen Z.

“Mereka [Gen Z] dibesarkan dengan media yang kaya sehingga mereka memiliki keterampilan literasi digital yang lebih baik untuk bernavigasi di berbagai platform secara kompeten dan gesit," ucap Wang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper