XL Hadirkan Paket Data Sesuai Kebutuhan saat Pandemi

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 5 Juli 2021 | 14:53 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengoptimalkan pemanfaatan data analitik untuk memberikan paket data saat PPKM Darurat diberlakukan.  

Teknologi tersebut membantu XL untuk mengidentifikasi dan menganalisa kebutuhan pelanggan sehingga XL mampu menyediakan layanan tepat.  

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tbk. (EXCL) Tri Wahyuningisih mengatakan pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan hingga saat ini memberikan dampak terhadap menurunnya daya beli masyakat, termasuk dalam melakukan pembelian paket-paket layanan data atau seluler. 

Dalam menghadapi tantangan tersebut, kata Ayu, perseroan berupaya menghadirkan paket data yang tepat dengan menggunakan data analitik. Paket data hadir sesuai dengan kebutuhan pelanggan, baik dari besaran kuota, konten, hingga harga. 

Data analytics  dapat mengidentifikasi dan menganalisa kebutuhan pelanggan  sehingga kami tetap mampu menyediakan layanan sesuai kebutuhan mereka,” kata Ayu kepada Bisnis, Senin (5/7/2021). 

Sekadar informasi, pada kuartal I/2021, XL Axiata mencatatkan pendapatan senilai Rp6,25 triliun dengan rerata pendapatan per pelanggan mencapai Rp35.000, naik Rp1.000 dibandingkan dengan akhir 2020.

Pertumbuhan ARPU yang dicatatkna XL tidak terlepas dari sentuhan data analitik, di mana pelanggan membeli paket sesuai dengan yang mereka butuhkan. 

Ayu mengatakan layanan data tetap menjadi fokus dalam mendorong pencapaian kinerja perusahaan ke depan. 

Selama masa pengetatan pergerakan, XL akan terus melakukan peningkatan kualitas jaringan baik dengan penambahan cakupan layanan, kapasitas dengan proyek fiberisasi ataupun penggantian perangkat lama dengan perangkat baru. 

XL mengupayakan meningkatkan kualitas layanan dengan memberi kemudahan-kemudahan bagi pelanggan untuk menggunakan layanan yang disediakan. 

“XL akan menghadirkan paket sesuai kebutuhan dengan harga yang semakin terjangkau dan juga melalui implementasi operational excellence di berbagai lini unit,” kata Ayu.  

Adapun untuk menjaga ARPU di tengah persaingan yang semakin ketat dan daya beli yang makin lemah, kata Ayu, XL tetap fokus meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik dari ujung ke ujung. 

XL juga meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pelanggan untuk terus menggunakan layanan-layanan yang yang disediakan. 

“Dengan cara itu pada akhirnya pelanggan akan semakin produktif dan ARPU akan meningkat,” kata Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper