Telkomsel Klaim 5G Bikin Efisiensi Operasional hingga 60 Persen

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 25 Juni 2021 | 21:04 WIB
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyatakan dengan solusi 5G yang dihadirkan perseroan, diharapkan pelanggan korporasi dapat meningkatkan produktivitas atau efisiensi operasional perusahaan sekitar 30-60 persen. Efisiensi dan efektivitas yang diberikan juga bergantung pada kondisi frekuensi dan industri yang menerima layanan.

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo mengatakan dalam kondisi ideal 5G memiliki kecepatan data yang lebih tinggi, latensi lebih rendah, kapasitas jaringan yang sangat besar dan availabilitas yang lebih baik.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, 5G dapat menghadirkan kasus pemanfaatan dan berbagai pengembangan inovasi yang luas untuk mendukung mitra bisnis dalam meningkatkan produktivitas, efektivitas, efisiensi, dan presisi di setiap kegiatan operasional perusahaan atau industri.

Adapun inovasi – inovasi yang dapat dikembangkan untuk sektor industri di antaranya adalah pemantauan dengan drone, operasi cerdas, pengoperasian mesin dari jarak jauh, pabrik cerdas, pelabuhan cerdas dan lain sebagainya.

“Berbagai pengembangan inovasi tersebut didukung oleh teknologi 5G Telkomsel diharapkan dapat menghasilkan peningkatan produktivitas dan efisiensi industri yang bervariasi hingga 30 – 60 persen,” kata Hanang kepada Bisnis.com, Jumat (25/6/2021).

Hanang menambah manfaat tersebut dapat tercapao dengan kondisi frekuensi jaringan yang ideal dan tergantung dari kondisi industri tersebut.

Hanang mengatakan untuk melayani lebih banyak industri, Telkomsel terus mengembangkan teknologi dan solusi digital, yang juga diperkuat dengan mitra – mitra terbaik di Indonesia maupun dunia.

Para mitra tidak hanya terlibat dalam pengembangan solusi, juga untuk bertukar keahlian, ilmu, dan teknologi agar dapat menghadirkan solusi digital yang berpusat pada kepentingan pelanggan.

elkomsel juga berkomitmen untuk mengorkestrasikan infrastruktur teknologi dan ekosistem digital, serta menggandeng para pelaku lintas industri untuk bersama – sama melakukan inovasi dengan pemanfaatan teknologi 5G dengan bentuk kerja sama.

“Saat ini Telkomsel secara aktif melakukan inisiatif kolaborasi dengan perusahaan – perusahaan dari berbagai sektor industri di Indonesia, seperti manufaktur, ritel, pertambangan, logistik dan pelabuhan, serta sektor pemerintahan,” kata Hanang.

Hanang mengatakan Telkomsel secara aktif dan berkesinambungan juga memiliki program D’Frontrunner yang dapat menjadi salah satu medium untuk membuka lebih banyak peluang bagi lebih banyak perusahaan demi menyiapkan industri termasuk dalam memanfaatkan teknologi 5G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper