Dapat Suntikan Dana, Qlue Fokus Garap Pasar Smart City

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Juni 2021 | 13:38 WIB
Identitas biometrik universal. /biometricupdate
Identitas biometrik universal. /biometricupdate
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan penyedia ekosistem smart city Qlue berhasil meraih pendanaan Seri B1 dari Global Brain melalui kelompok investasi KDDI Open Innovation Fund III (KOIF III).

Pendanaan Seri B1 ini juga didukung oleh investor lainnya yaitu Telkomsel Mitra Inovasi dan juga perusahaan teknologi biometrik asal Indonesia, ASLI RI.

“Kami sangat antusias dengan pendanaan dari KDDI yang merupakan salah satu perusahaan  telekomunikasi terbesar di Jepang. Sinergi ini terjalin karena Qlue dan KDDI memiliki visi yang sama dalam mengakselerasi pembangunan kota berbasis teknologi smart city. Dengan dukungan KDDI yang memiliki jaringan bisnis secara global ini akan mendorong penetrasi pasar Qlue di luar negeri,” ujar Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya dalam keterangan tertulisnya.

Di Indonesia, smart city merupakan pasar yang sangat potensial  mengingat infrastruktur perkotaan saat ini masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena  itu, kolaborasi antara kedua pihak tersebut akan sangat mendukung pembangunan
perkotaan, bahkan negara. Hal ini lah juga yang membuat ASLI RI mantap berinvestasi di Qlue.

“Solusi yang dihadirkan oleh Qlue sangat konsisten dalam menerapkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan IoT. Hal itu sejalan dengan visi dari ASLI RI dalam melayani pasar di sektor keamanan biometrik. Kemampuan teknologi Qlue dalam mencerdaskan kamera
CCTV sangat strategis dengan rencana bisnis kami sehingga sinergi ini bisa memberikan nilai tambah baik bagi ASLI RI maupun Qlue. Kami yakin kemitraan strategis ini juga akan memberikan dampak positif bagi pelaku industri di Indonesia karena pemanfaatan teknologi akan semakin masif dalam beberapa tahun ke depan,” ujar COO ASLI RI, Rionald Soerjanto.

Teknologi biometrik memang merupakan komponen penting yang sangat diminati industri saat ini. Selain mendukung proses bisnis, hal itu juga membantu perusahaan dalam mempelajari dan menghindari risiko yang bisa saja terjadi.

“Sebuah privilege bagi kami bisa ikut serta dalam funding round ini. Semoga kedepannya kerjasama ini membuahkan manfaat besar bagi kita semua, dan akan ada lebih banyak kolaborasi berupa inovasi baru serta peluang baru di Indonesia, tidak berhenti disini saja”, tutup COO ASLI RI, Rionald Soerjanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper