GSMA : Masa Depan 5G Global Berisiko Tidak Optimal, jika ...

Newswire
Jumat, 21 Mei 2021 | 09:23 WIB
Ilustrasi 5G./Antaranews-Pixabay
Ilustrasi 5G./Antaranews-Pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi yang mewadahi kepentingan operator telekomunikasi dunia Global System for Mobile Communications Association (GSMA) mengatakan bahwa masa depan 5G secara global berisiko tidak optimal jika pemerintah gagal menyelaraskannya dengan lisensi spektrum 6 GHz.

GSMA melalui keterangannya pada Jumat (21/5/2021) mengatakan bahwa kemampuan dan kecepatan penuh 5G tergantung pada spektrum mid-band 6 GHz. Namun, pemerintah dari beberapa negara telah memilih keputusan lain.

Untuk 5G, China akan menggunakan 1200 MHz secara keseluruhan pada pita 6 GHz. Eropa telah membagi pita bagian atas yang dipertimbangkan untuk 5G, sedangkan tranche 500 MHz terbaru disediakan untuk Wi-Fi. Afrika dan beberapa negara di Timur Tengah mengambil pendekatan yang sama.

Amerika Serikat dan sebagian besar negara-negara di Amerika Latin, bahkan telah menyatakan bahwa sumber daya berharga tersebut tidak akan disediakan untuk 5G, tetapi untuk Wi-Fi dan teknologi-teknologi belum berlisensi lainnya.

Pita 6 GHz sangat penting tidak hanya bagi operator jaringan seluler dalam menyediakan jangkauan konektivitas yang lebih berkualitas untuk inklusi sosial yang lebih luas, tetapi juga untuk memberikan kecepatan dan kapasitas data yang menjadi kebutuhan kota pintar, transportasi, dan pabrik.

Jaringan 5G diperkirakan membutuhkan spektrum mid-band 2 GHz hingga dekade mendatang guna menghadirkan seluruh potensinya.

"[Teknologi] 5G berpotensi untuk meningkatkan PDB dunia sebesar US$2,2 triliun, tetapi, ada ancaman nyata terhadap pertumbuhan ini jika spektrum 6 GHz yang mencukupi tidak tersedia untuk 5G. Kejelasan dan kepastian menjadi sangat penting untuk menumbuhkan investasi besar-besaran jangka panjang di dalam infrastruktur kritikal ini," kata Chief Regulatory Officer GSMA John Giusti.

The World Radiocommunication Conference yang akan digelar pada 2023 akan menghadirkan kesempatan untuk menyelaraskan pita 6 GHz di hampir seluruh bumi ini dan membantu mengembangkan ekosistem.

Teknologi 5G mengakselerasi transformasi digital semua industri dan sektor, serta membuka lebar gelombang inovasi baru yang akan menghasilkan manfaat dan keuntungan bernilai miliaran dolar.

Teknologi ini sangat krusial dalam turut menjaga lingkungan dan mengantisipasi perubahan iklim berkat digantikannya karbon dengan konektivitas. Namun, untuk menjangkau semua pengguna, industri akan membutuhkan kapasitas ekstra yang ditawarkan oleh pita 6 GHz.

Untuk itu, GSMA menyerukan ke pemerintah berbagai negara untuk paling tidak menyediakan 64257125 MHz untuk teknologi berlisensi 5G, memastikan layanan backhaul terproteksi, dan tergantung pada kebutuhan tiap-tiap negara, penggunaan saat ini dan fibre footprint, separuh bawah 6 GHz pada rentang 59256425 MHz dapat dibuka pada lisensi khusus dengan aturan teknologi yang netral.

GSMA juga memublikasikan pernyataan bersama dengan Ericsson, Huawei, Nokia dan ZTE tentang informasi lebih mendetail mengenai pentingnya pita 6 GHz untuk masa depan 5G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper