Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Strategi OVO dan DANA Dorong Donasi dan Zakat Digital

OVO dan DANA telah menyiapkan strategi untuk mendorong donasi dan zakat digital pada Ramadan dalam masa pandemi Covid-19.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 April 2021  |  22:08 WIB
Wanita memegang smartphone dengan aplikasi dompet digital.  - ANTARA
Wanita memegang smartphone dengan aplikasi dompet digital. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Platform dompet digital, OVO dan DANA menyebutkan memiliki strategi untuk terus mendorong budaya transaksi nontunai. Khususnya, dalam rangka kegiatan donasi dan zakat digital pada Ramadan 2021.

Head of Corporate Communications OVO Harumi Supit mengatakan bahwa pada Ramadan 2021, OVO kembali mendorong semangat berbagi di kalangan masyarakat dengan mengadakan program donasi khusus yang mana mereka dapat memberikan OVO Point yang dimilikinya untuk donasi dan zakat.

“Dengan bertransaksi nontunai menggunakan dompet digital, masyarakat juga bisa menerapkan pola belanja hemat dan cerdas, khususnya di saat-saat kebutuhan meningkat seperti saat Ramadan,” kata Harumi, Kamis (22/4/2021).

Harumi menyebutkan, melalui strategi serupa untuk donasi maupun zakat di Indonesia, pada Desember 2020 OVO memperoleh penghargaan ‘Mitra Pengumpulan Zakat melalui Financial Technology Terbaik’ dalam acara BAZNAS Award 2020.

“Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas upaya yang dilakukan sepanjang tahun untuk mendukung masyarakat dalam membayar zakat atau berdonasi secara digital, termasuk penyediaan QR Code Zakat oleh OVO guna memudahkan dan mempercepat para amil zakat yang ingin menyalurkan zakatnya,” ujarnya.

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengatakan saat ini ada tiga jenis aktivitas yang paling banyak dilakukan selama Ramadan yaitu buka bersama, ngabuburit, dan silaturahmi/halalbihalal.

“Melalui kampanye Ramadan Praktis Pakai DANA, kami berkomitmen untuk membantu masyarakat agar bisa memenuhi kebutuhannya. Inisiatif ini juga diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengalokasikan pengeluarannya secara efektif, serta membangun budaya berbelanja yang hemat dan cerdas,” katanya.

Ramadan yang identik dengan membantu sesama juga difasilitasi oleh DANA dengan mengajak pengguna berdonasi dan berzakat. Untuk donasi misalnya, DANA dan Kitabisa.com menghadirkan tiga cerita berbeda yang akan diangkat di setiap minggunya agar para pengguna dapat mengulurkan bantuannya melalui dompet digital DANA.

“Lalu, untuk melengkapi ibadah puasa pengguna, DANA tak lupa juga menyediakan pembayaran zakat fitrah lewat Dompet Dhuafa,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dia melanjutkan untuk kebutuhan buka bersama, masyarakat dapat menggunakan DANA untuk berbelanja baik melalui e-commerce yang terafiliasi (Bukalapak dan Blibli) maupun merchant-merchant yang berpartisipasi dalam Program Pesta Kartu Bank yang diikuti oleh 9 bank dan 12 merchant yang berpartisipasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

zakat ovo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top