Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grab Punya Dana Abadi Rp4 Triliun! Anthony Tan Beri Penjelasan

Grab membentuk dana abadi senilai Rp4 triliun yang berasal dari dana tunai dan saham perusahaan, termasuk juga komitmen dana pribadi berupa saham Grab dari para co-founder dan presiden Grab.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 14 April 2021  |  13:55 WIB
Supir taksi online melakukan pengisian daya mobil listrik di Jakarta, Kamis (13/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Supir taksi online melakukan pengisian daya mobil listrik di Jakarta, Kamis (13/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Grab memutuskan untuk membentuk dana abadi dengan nominal awal mencapai Rp4 triliun atau US$275 juta yang berasal dari dana tunai dan saham perusahaan.

CEO grup dan co-founder Grab Anthony Tan mengatakan komitmen itu termasuk juga komitmen dana pribadi berupa saham Grab dari para co-founder dan presiden Grab sebesar sekitar Rp365 miliar atau US$25 juta.

"Pada jangka pendek dana tersebut akan dimanfaatkan untuk mendukung penyediaan vaksin Covid-19 bagi para mitra Grab yang tidak termasuk dalam target penerima vaksin yang diatur pemerintah di negaranya. Selanjutnya, dana itu juga dimanfaatkan untuk hibah dan bantuan keuangan untuk mendukung program-program sosial dan lingkungan yang memberi manfaat jangka panjang bagi mitra Grab dan masyarakat pada umumnya di Asia Tenggara," kata Anthony dalam siaran pers, Rabu (14/4/2021).

Dia menjelaskan dana abadi tersebut akan mulai dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 yang mendesak di wilayah-wilayah yang kesulitan mendapat vaksin di Asia Tenggara.

Grab telah mengalokasikan sekitar Rp292 miliar atau US$20 juta untuk mensubsidi penuh biaya vaksinasi dan administrasi vaksin Covid-19 untuk para mitra pengemudi dan pengantaran yang memenuhi syarat dan tidak termasuk dalam daftar target penerima vaksin yang diatur pemerintah di negaranya.

Selain vaksinasi, kata dia, ke depannya dana ini akan digunakan untuk mensubsidi biaya asuransi, beasiswa pendidikan bagi mereka yang termasuk dalam komunitas Grab, dan bantuan keuangan untuk para penyandang disabilitas.

Anthony menuturkan subsidi asuransi dalam skema GrabInsure memberikan kesempatan bagi para mitra untuk membeli produk-produk asuransi dengan harga diskon yang mencakup asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, perlindungan asuransi untuk anggota keluarga, serta produk-produk asuransi investasi.

Produk asuransi tersebut dirancang khusus sesuai kebutuhan mitra Grab di masing-masing negara. Inisiatif ini melengkapi program asuransi kecelakaan diri gratis yang telah disediakan Grab di seluruh Asia Tenggara.

Bantuan keuangan untuk penyandang disabilitas dimanfaatkan untuk pembiayaan modifikasi mobil atau motor, kursus mengemudi, dan pembelian perlengkapan seperti kursi roda atau alat bantu pendengaran sehingga para penyandang disabilitas dapat berpartisipasi dalam platform Grab untuk mengakses kesempatan dan peluang untuk memperoleh penghasilan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

grab indonesia
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top