Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kominfo Minta Masyarakat Tak Rusak Infrastruktur Telekomunikasi

Menteri Kominfo Johnny G. Plate meminta masyarakat tidak merusak infrastruktur telekomunikasi publik karena berisiko mengganggu kebutuhan bersama dan menambah anggaran.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Maret 2021  |  11:18 WIB
Teknisi melakukan pemeriksaan perangkat BTS di daerah Labuhan Badas, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (26/8). Bisnis - Abdullah Azzam
Teknisi melakukan pemeriksaan perangkat BTS di daerah Labuhan Badas, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (26/8). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak merusak infrastruktur publik, terutama yang berkaitan dengan telekomunikasi karena melihat dari urgensi kegunaannya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan ketika membangun infrastruktur telekomunikasi, terutama menara base transceiver station (BTS), pemerintah tidak hanya membangun secara teknis, tetapi juga melibatkan masyarakat agar mereka paham kegunaan bangunan tersebut.

"Ada yang secara sengaja merusak infrastruktur publik, ini yang tidak boleh," kata Johnny dilansir dari Antara, Sabtu (27/3/2021).

Dia menambahkan selain tidak mudah membangunnya, ketika menara BTS rusak, kebutuhan publik akan jaringan telekomunikasi juga akan terganggu. Kemudian, untuk membangun lagi, harus ada penambahan anggaran.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif menceritakan berbagai reaksi masyarakat begitu wilayah mereka memiliki menara BTS hingga akhirnya mendapatkan sinyal telekomunikasi. Hampir semua menyambut dengan gembira pembangunan infrastruktur telekomunikasi, tetapi ada juga yang justru merusaknya.

Tanpa menyebutkan lokasi secara spesifik, BAKTI menceritakan menara BTS yang mereka bangun pernah dibakar karena sempat ada konflik sosial di daerah tersebut. Ada juga masyarakat yang mencuri komponen yang ada di menara.

Pada salah satu peristiwa setelah menara BTS dibakar, masyarakat setempat kaget karena mereka tidak mendapatkan sinyal di ponsel. Melihat kenyataan di lapangan, BAKTI berupaya membangun menara BTS jauh dari pemukiman penduduk di beberapa lokasi.

Upaya lainnya yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang fungsi menara BTS, yaitu memberikan sinyal telekomunikasi ke ponsel dan jika tidak dijaga dengan baik, maka berisiko tidak memancarkan sinyal telekomunikasi lagi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top