Qualcomm Kembangkan Konsol Game Portable Berbasis Android

Rezha Hadyan
Rabu, 24 Maret 2021 | 09:55 WIB
Qualcomm/Reuters
Qualcomm/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Qualcomm dikabarkan tengah mengembangkan konsol gim berbasis Android yang mudah dibawa-bawa (portable).

Melansir The Verge pada Rabu (24/3/2021), Qualcomm kemungkinan besar akan tersedia di pasaran mulai 2022.

Namun, belum ada informasi kapan konsol tersebut akan diperkenalkan ke publik oleh Qualcomm. Demikian halnya dengan perkembangan dari proses pengembangannya sampai dengan saat ini.

Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Editor in Chief XDA Mishaal Rahman, konsol gim portable yang dikembangkan oleh Qualcomm memiliki layar berukuran 6,65 inci dengan resolusi Full HD (1080p). Ukuran tersebut tentunya sedikit lebih luas dibandingkan dengan Nintendo Switch yang tak lebih dari 6,2 inci dengan resolusi (720p).

Adapun, untuk fitur lainnya konsol tersebut kabarnya dilengkapi dengan slot microSD, baterai 6.000 mAh, serta pengontrol permainan yang dapat dilepas ketika tidak digunakan. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 12 yang baru saja diluncurkan pada Februari 2021.

Layaknya ponsel pintar, konsol gim portable yang dikembangkan oleh Qualcomm juga akan terhubung dengan jaringan 5G. Terkait dengan hal ini, kemungkinan jenis chipset yang digunakan adalah Snapdragon 888 atau chipset ponsel papan atas dari Qualcomm.

Kehadiran konsol gim portable dari Qualcomm ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi produsen ponsel pintar yang berkecimpung di segmen gamimg. Karena melihat spesifikasi yang dibawanya, konsol gim portable seperti Nintendo Switch dan PlayStation Portable bukan lawan yang sepadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper