Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecepatan Internet XL Axiata Makin Ngebut, Ini Penyebabnya

Kecepatan internet XL Axiata dinilai ada peningkatan yang diduga karena realokasi 3G ke 4G untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  17:43 WIB
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Realokasi 3G ke 4G yang dilakukan oleh PT XL Axiata Tbk. (EXCL) disinyalir menjadi salah satu penyebab peningkatan kecepatan unduh-unggah jaringan XL Axiata sepanjang 2020 dibandingkan dengan 2019.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan realokasi jaringan yang dilakukan oleh XL Axiata sejalan dengan perkembangan teknologi. Sudah saatnya teknologi 3G digantikan dengan 4G seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap layanan internet yang lebih cepat untuk mendukung segala aktivitas.

Strategi realokasi teknologi 3G ke 4G yang dilakukan oleh XL, kata Herum berdampak pada peningkatan kecepatan yang diberikan XL kepada pelanggan.

“Pasti berdampak, sehingga kecepatan yang dapat digunakan pengguna akan meningkat,” kata Heru kepada Bisnis.com, Selasa (16/2/2021).

Adapun, Opensignal, sebuah perusahaan riset yang fokus dalam memetakan jaringan internet global, mengungkapkan terjadi peningkatan kecepatan unduh – unggah oleh XL Axiata sepanjang 2020, jika dibandingkan dengan 2019.

Kecepatan unduh –unggah XL cukup signifikan bahkan mendekati kecepatan unduh-unggah Telkomsel sebagai pemimpin pasar seluler di Tanah Air.

Tercatat pada akhir 2019, kecepatan unduh-unggah XL Axiata sebesar 8,7 Mbps dan 4,5 Mbps. Sedangkan kecepatan unduh – unggah Telkomsel saat itu adalah 12 Mbps dan 5,4 Mbps.

Pada pertengahan 2020, kecepatan unduh-unggah XL Axiata sebesar 9,3 Mbps dan 4,9 Mbps. Sedangkan kecepatan unduh – unggah Telkomsel saat itu adalah 13,1 Mbps dan 5,1 Mbps.

Terakhir pada akhir 2020, kecepatan unduh-unggah XL Axiata sebesar 11,3 Mbps dan 5,1 Mbps. Sedangkan kecepatan unduh – unggah Telkomsel saat itu adalah 12,7 Mbps dan 5,7 Mbps.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top