Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pantau Kesehatan dengan Smartwatch Terbaru Tahun Ini

Smartwatch kini memiliki kemampuan untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah (SpO2) di masa pandemi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 08 Februari 2021  |  08:15 WIB
Realme Watch S Pro memiliki kemampuan untuk memantau kualitas tidur, pengingat hidrasi, relaksasi, dan meditasi. - ilustrasi
Realme Watch S Pro memiliki kemampuan untuk memantau kualitas tidur, pengingat hidrasi, relaksasi, dan meditasi. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Tak dapat dipungkiri jika jam tangan pintar menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak dicari selama pandemi Covid-19. Tentunya, hal tersebut tak terlepas dari kemampuan memantau kondisi hingga mendeteksi masalah kesehatan penggunanya.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Gartner beberapa waktu lalu, nilai penjualan jam tangan pintar global pada 2020 mencapai US$21,75 miliar, naik signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar US$18,5 miliar.

Adapun, tahun ini penjualan jam tangan pintar diprediksi akan kembali mengalami peningkatan signifikan seiring dengan kesadaran masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat. Diprediksi nilai penjualan jam tangan pintar akan mencapai US$25,287 miliar hingga akhir 2021.

Momentum tersebut tentunya tidak akan disia-siakan begitu saja oleh pabrikan elektronik dunia. Beberapa diantaranya bahkan sudah tancap gas di awal tahun dengan meluncurkan sederetan produk jam tangan pintar terbarunya, tak terkecuali di Tanah Air.

Salah satu diantaranya adalah Amazfit yang belum lama ini meluncurkan dua jam tangan pintar terbarunya sekaligus, yakni GTS 2e dan GTR 2e. Keduanya diboyong ke Indonesia tak lama setelah pertama kali diperkenalkan di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2021.

Perbedaan diantara keduanya terlihat jelas pada desainnya. GTS 2e mengusung desain mengotak yang ramping dengan diagonal layar 1,39 inci. Kerapatan piksel layarnya terbilang tinggi karena mencapai 341 piksel per inci (PPI).

Sementara itu, GTR 2e hadir dengan bentuk lingkaran dengan diameter 1,39 inci yang kerapatan pikselnya sedikit lebih kecil dari GTS 2e, hanya 326 PPI.

smartwatch GTR 2e  untuk mendeteksi virus corona

Amazfit GTR 2e menjadi produk yang sangat berguna bagi kesehatan di masa pandemi./Rezha Hadyan

Baik GTS  2e maupun GTR 2e menggunakan layar berjenis AMOLED yang responsif dan tampilannya cukup tajam, termasuk saat dilihat di bawah terik matahari. Layar keduanya juga sudah mendukung fitur always on display (AOD) atau tetap menyala ketika tidak digunakan.

Tampilan utama GTS  2e maupun GTR 2e dapat dikustomisasi oleh pengguna menyesuaikan dengan selera masing-masing. Tercatat ada lebih dari 10 pilihan tampilan utama yang bisa dipilih oleh pengguna kedua jam tangan pintar tersebut.

Tali yang digunakan oleh GTS 2e dan GTR 2e berbahan silikon yang cukup nyaman digunakan ketika melakukan aktivitas fisik maupun beristirahat. Tidak ada opsi tali berbahan kulit atau rantai besi yang ditawarkan oleh Amazfit untuk kedua produk ini.

Beralih ke ketahanan baterai, GTS 2e mampu bertahan hingga dua pekan untuk penggunaan normal yang terhubung dengan ponsel melalui Bluetooth dan aplikasi ZEEP. Sementara GTR 2e bisa bertahan hingga 24 hari untuk pemakaian yang sama.

Keduanya membutuhkan waktu selama kurang lebih dua jam untuk pengisian daya dari kondisi baterai benar-benar kosong.

Beralih ke fitur yang ditawarkan, GTS 2e dan GTR 2e dilengkapi dengan sensor optik BioTracker TM2 PPG yang mampu memantau kondisi detak jantung penggunanya tanpa henti selama perangkat dikenakan. Apabila detak jantung terpantau meningkat secara tidak normal, keduanya secara otomatis akan memberikan peringatan kepada penggunanya.

Selain itu, keduanya juga dibekali kemampuan untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah (SpO2). Sebelum melakukan pengukuran, pastikan posisi tangan dalam kondisi horizontal agar proses pengukuran berjalan lancar.

GTS 2e dan GTR 2e memiliki 90 mode olahraga yang didukung oleh beberapa sensor, seperti acceleration sensor, gyroscope sensor, 3-axis geomagnetic sensor, dan GPS.  Selain itu, keduanya juga secara otomatis akan aktif dan melakukan pemantauan khusus apabila pengguna melakukan beberapa jenis olahraga, termasuk diantaranya berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang.

Selain itu, keduanya juga dapat digunakan untuk memantau kualitas tidur dan tingkat stress penggunanya.

Untuk melengkapi kemampuan tersebut, Amazfit juga menghadirkan fitur penilaian yang dihitung berdasarkan kondisi kesehatan dan aktivitas fisik yang dilakukan oleh penggunanya. Fitur bernama Personal Activity Inteligence (PAI) ini akan memberikan skor tertentu kepada pengguna dan berperan layaknya asisten pribadi.

smartphone Amazfit GTS 2e

Amazfit GTS 2e memiliki kemampuan untuk memberikan informasi cuaca, alarm dan kalender./Rezha Hadyan

Fitur lain yang dihadirkan yang dihadirkan oleh GTS 2e dan GTR 2e antara lain alarm, kalender, informasi prakiraan cuaca yang bisa diperbarui setiap saat, dan mengatur pemutar musik ponsel yang terhubung. Namun sayangnya, fitur pengaturan pemutar musik belum mendukung layanan streaming musik seperti Spotify, JOOX, dan sebagainya.

Terakhir, untuk ketahanannya kedua jam tangan pintar ini diklaim mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 50M atau mengantongi sertifikasi Water Resistant 5ATM. Jadi pengguna tak perlu khawatir apabila ingin menggunakannya untuk aktivitas berenang maupun menyelam.

Apabila tertarik, Anda bisa mendapatkan GTS 2e dan GTR 2e melalui toko resmi Amazfit di platform dagang el Tokopedia dengan harga khusus Rp1,89 juta dari harga asli Rp2,59 juta.

REALME WATCH S PRO

Selain GTS 2e dan GTR 2e, realme Watch S Pro juga layak dijadikan pilihan apabila mencari jam tangan pintar dengan harga kurang dari Rp2 juta. Watch S Pro hadir dengan layar AMOLED berbentuk lingkaran dengan diameter 1,39 inci yang dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass serta cangkang berbahan baja nirkarat SUS316L.

Sama seperti GTS 2e dan GTR 2e, layar Watch S Pro juga dibekali fitur AOD untuk menampilkan informasi waktu kapan saja tanpa perlu menekan tombol terlebih dahulu.

Dari segi tampilan, smartwatch ini juga dibekali lebih dari 100 desain Watch Face hasil kerja sama dengan pengguna dan desainer. Tampilannya diperkuat dengan tali jam tangan terbuat dari silikon yang dapat diganti menggunakan tali berbahan kulit secara terpisah

Watch S Pro mendukung pemantauan olahraga hingga 15 jenis olahraga. Sementara, untuk pemantauan kondisi kesehatan jam tangan pintar ini boleh dibilang hadir dengan kemampuan yang cukup komprehensif.

smartphone Realme Watch S Pro

Realme Watch S Pro./istimewa

Selain memantau detak jantung dan tingkat saturasi oksigen, Watch S Pro juga bisa digunakan untuk memantau Langkah kaki harian, aktivitas minim energi atau sedentari yang tidak sehat, kualitas tidur, pengingat hidrasi, relaksasi, dan meditasi.  

Untuk mengendalikan ponsel pengguna Watch S Pro juga memiliki fungsi Smart Control untuk menolak/menjawab panggilan, smart unlock, kontrol kamera dan musik, tak terkecuali pemutaran musik melalui layanan streaming.

Jam tangan pintar dengan ketahanan terhadap air mencapai 5ATM/50meter ini memiliki baterai besar 420mAh yang tertanam di dalamnya yang diklaim mampu bertahan hingga 14 hari penggunaan secara terus menerus,

Watch S Pro dibanderol dengan harga Rp1,9 juta dan sudah tersedia di realme Official Store, situs resmi realme Indonesia, dan toko resmi realme di sejumlah platform dagang el.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone smartwatch xiaomi
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top