Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merger Tri dan Indosat (ISAT) Bisa Lebih Cepat, Kapan?

Tri Indonesia menyebut pembahasan konsolidasi dengan Indosat masih berlangsung dan pengumuman hasilnya bisa lebih cepat.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  12:31 WIB
Merger - Ilustrasi
Merger - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) optimistis hasil pembahasan konsolidasi dengan PT Indosat Tbk. (ISAT) bisa diumumkan lebih cepat dari rencana semula pada 30 April 2021.

Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia Danny Buldansyah mengatakan proses pembahasan konsolidasi dengan Indosat masih berlangsung dan berjalan dengan baik. Kedua perusahaan masih mempelajari mengenai data-data yang dimiliki, sehingga lebih matang nantinya dalam mengambil keputusan.

“Semuanya masih sesuai jadwal [rencana untuk merger], masih dalam jalur,” kata Danny kepada Bisnis.com, Selasa (3/2/2021).

Sejauh ini, dia belum dapat memberitahu hasil dari pembahasan tersebut apakah akan melahirkan perusahaan baru, melebur kedua perusahaan menjadi satu atau hanya sebatas kerja sama saling menggunakan teknologi tertentu.

“Justru itu konsolidasi nanti bentukanya seperti apa akan ditententukan setelah diketahui dari data-data sinergi yang paling baik dari mana,” ujarnya.

Danny menambahkan pembahasan yang dilakukan mencakup banyak hal seperti persiapan sumber daya manusia, tim dan lain sebagainya. Setelah 30 April 2021, pembahasan akan dilanjutkan perihal permasalahan yang lebih detail.

Dia juga menyatakan pembahasan akan selesai tepat waktu atau lebih cepat. Pengumuman mengenai rencana konsolidasi ini akan disampaikan pada akhir April atau lebih cepat.

“Dipercepat bisa, tetapi tidak mungkin [pengumuman] diperlambat [mundur]. Kemungkinan besar tepat waktu karena MoU kita berakhir di situ,” kata Danny.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku telah menerima surat pemberitahuan Potensi Kombinasi Bisnis antara PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia. Kemenkominfo berharap konsolidasi tersebut dapat mengawali hadirnya 5G ke Tanah Air.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyambut baik usaha konsolidasi industri telekomunikasi di Indonesia. Konsolidasi tersebut dapat membuat bisnis telekomunikasi, seperti layanan seluler, makin efisien dan kuat serta mampu mendukung program pemerintah yaitu akselerasi transformasi digital di Indonesia, termasuk pengembangan 5G.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi hutchison 3
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top