Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perkenalkan BiP, Aplikasi Buatan Turki Pesaing WhatsApp

Banyak pengguna WhatsApp yang memutuskan untuk meninggalkan layanan pesan populer itu dan beralih mencari aplikasi alternatif, misalnya Signal, Telegram, dan BiP.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  20:20 WIB
Aplikasi pesan BiP penantang terbaru WhatsApp
Aplikasi pesan BiP penantang terbaru WhatsApp

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi pesan WhatsApp baru-baru ini membuat beberapa kebijakan privasi terbarunya yang akan berlaku mulai 15 Mei 2021 mendatang.

Setelah pengguna WhatsApp memilih untuk menerima kebijakan privasi tersebut, maka artinya pengguna setuju untuk membagikan sebagian data yang akan digunakan oleh Facebook untuk menampilkan iklan. Sejak adanya pemberitahuan tersebut, banyak pengguna WhatsApp yang memutuskan untuk meninggalkan layanan pesan populer itu dan beralih mencari aplikasi alternatif. 

Selain aplikasi Signal dan Telegram, hadir pula BiP yang menjadi pesaing WhatsApp. Aplikasi BiP mendapatkan popularitas mendadak setelah pengguna WhatsApp mulai mencari alternatif pesan yang layak. Namun, tahukah Anda siapa yang menemukan aplikasi BiP? 

Aplikasi BiP adalah layanan perpesanan asal Turki (Turkcell) yang dikembangkan oleh BiP A.S. sejak 2013. Tercatat, aplikasi BiP sudah diunduh lebih 50 juta lebih pengguna.

Melansir dari Daily Sabah, Rabu (20/1/2021), sekitar 2 juta pengguna per hari telah mengunduh aplikasi BiP selama beberapa hari terakhir.

General Manager Turkcell Erkan Murat mengatakan angka tersebut melampaui jumlah unduhan sebelum 6 Januari 2020, yaitu hari di mana WhatsApp mengumumkan persyaratan privasinya.

“Sekitar 6,4 juta orang telah beralih ke BiP sejak Jumat [8/1/2021]. Dalam lingkungan ini, BiP dipandang sebagai tempat berlindung yang aman. Kami akan berhadapan langsung dengan Telegram sekarang,” kata Erkan seperti dikutip, Rabu (20/1/2021). .

Aplikasi BiP tersedia di ponsel ataupun website yang memungkinkan pengguna dapat melakukan panggilan suara atau video HD dengan maksimal hingga 10 orang. Aplikasi ini juga menyediakan layanan agar pengguna berbagi gambar, video, dan lokasi.

Bahkan, BiP mengklaim dapat menyediakan fitur terjemahan sebanyak 106 bahasa. Pengguna cukup tulis pesan dalam bahasa lokal dan pesan tersebut akan diterjemahkan secara otomatis ke ponsel teman pengguna.

Bukan hanya dua fitur di atas saja, aplikasi BiP juga memiliki banyak fitur menarik dan menunjang pengguna, simak beberapa contohnya:

- Tentukan tema sesuai dengan suasana hati
Pengguna bisa memilih tema seperti Malam, Biru Malam, Magenta, Oranye, dan Gelap yang sesuai dengan suasana hati pengguna serta mengoptimalkan penggunaan baterai.

- Berbagi foto dan video dengan kualitas HD
Pengguna bisa membagikan momen seperti yang pengguna alami dengan berbagi video dan foto dalam HD.

- Obrolan grup
Sama seperti aplikasi layanan perpesanan lainnya, pengguna juga bisa menikmati obrolan grup agar tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega. Jika mau, setel pengatur waktu dan grup akan hancur sendiri!

- Berbagi lokasi
Selain itu, pengguna juga bisa memberi tahu orang yang dicintai di mana pengguna berada. Caranya yaitu dengan mengaktifkan berbagi lokasi secara instan dan langsung.

- Prakiraan cuaca
Mungkin ini berbeda dengan aplikasi perpesanan lain, aplikasi BiP menyediakan fitur tambahan mulai dari konten hiburan hingga prakiraan cuaca berdasarkan lokasi pengguna.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

whatsapp signal telegram
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top