Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Delameta Kantongi ISO Keamanan Transaksi Digital

Delameta menggarap bisnis sistem pembayaran jalan tol, pelabuhan, Trans Jakarta, dan parkir.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  17:04 WIB
Kendaraan memadati ruas Tol Jagorawi KM 6 di Jakarta, Kamis (29/10/2020). PT Jasa Marga (Persero) Tbk. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A
Kendaraan memadati ruas Tol Jagorawi KM 6 di Jakarta, Kamis (29/10/2020). PT Jasa Marga (Persero) Tbk. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA – PT Delameta Bilano, perusahaan teknologi berbasis riset dalam negeri dan pembayaran digital, mengantongi sertifikat ISO 27001 atau standar internasional penerapan sistem manajemen keamanan informasi (information security management systems/ISMS).

Selama ini, ISO 27001 menjadi indikator suatu perusahaan memiliki standar keamanan digital yang mumpuni, sehingga layak menangani pembayaran digital. Pasalnya, hanya perusahaan yang memiliki standar keamanan digital baik yang bisa meraih ISO 27001.

Adapun ISMS adalah seperangkat unsur yang saling terkait dan digunakan untuk mengelola serta mengendalikan risiko keamanan informasi dan melindungi sekaligus menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi.

Bayu Wicaksono, Direktur Utama Delameta mengatakan bahwa ISO ini sangat penting untuk menjamin keamanan data transaksi digital yang saat ini dikembangkan perusahaanya.

"Dengan demikian, masyarakat dapat bertransaksi digital secara aman dan nyaman melalui Delameta,” ujarnya, Jumat (14/1/2021).

ISO 27001 diberikan kepada Delameta oleh CBQA Global setelah melewati serangkaian asesmen dan konsultansi yang dibantu oleh Siggap Indonesia. Dengan diterimanya ISO 27001, jumlah sertifikasi internasional yang kini dimiliki Delameta berjumlah empat, yaitu ISO 9001, OHSAS 18001, ISO 14000, dan ISO 27001.

Saat ini, Delameta menggarap bisnis sistem pembayaran jalan tol, pelabuhan, Trans Jakarta, dan parkir. Di sistem pembayaran jalan tol, Delameta kini memegang 21 ruas.

Sistem pembayaran tol Delameta antara lain terpasang di ruas tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Bogor Outer Ring Road, Palimanan-Kanci, Depok-Antasari dan 17 ruas tol lain termasuk tol Balikpapan-Samarinda untuk Ibu Kota Baru dan ruas tol Pekanbaru-Dumai yang beberapa waktu lalu diresmikan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, di sistem pembayaran pelabuhan, Delameta saat ini menyediakan sistem pembayaran akses (gate pass) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sistem ini terdiri atas reader, AVC sensor, automatic lane barrier (ALB), customer display panel (CDB) yang menampilkan tarif, golongan, dan sisa saldo, lalu CCTV lajur.

Di sistem transportasi massal, Delameta memasang alat pembayaran (reader) di bus Metro Trans milik Trans Jakarta, yang mampu menampilkan waktu dan nilai transaksi secara real time.

Alatnya yang bernama Enco Bus bisa menerima pembayaran QR based, seperti Doku, Link Aja, Dana, hingga Gopay maupun card based yang terdiri atas e-money Mandiri, Bank DKI, BTN, Bank BCA, Bank BRI, Bank Mega, BNI, dan Nobu.

Adapun di sistem parkir, Delameta mengelola pembayaran parkir nontunai terminal Angkasa Pura Kargo di Soekarno Hatta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sistem pembayaran Internet of Thing-IoT
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top