Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Baidu Gaet Perusahaan Otomotif untuk Luncurkan Mobil Listrik

Aksi korporasi itu merupakan yang kedua setelah Alibaba juga mengumumkan rencana yang sama dengan menggaet Didi Chuxing.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  10:15 WIB
Logo Baidu
Logo Baidu

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan mesin pencarian asal China Baidu berencana membuat mobil listrik melalui kerja sama dengan perusahaan otomotif Geely.

Dilansir the verge, Jumat (8/1/2021), aksi korporasi itu merupakan yang kedua setelah Alibaba juga mengumumkan rencana yang sama dengan menggaet Didi Chuxing.

Rencana perusahaan untuk membuat mobil listrik akan mendukung upaya Baidu melebarkan sayapnya ke bisnis transportasi. Baidu telah menghabiskan bertahun-tahun mengembangkan teknologi otonom (mengendarai tanpa sopir).

Berdasarkan laporan yang beredar, Baidu kemungkinan akan membentuk usaha patungan dengan Geely untuk proyek mobil listrik. Baidu akan fokus untuk mengembangkan perangkat lunak, sedangkan Geely akan fokus pada perangkat kerasnya.

Dalam usaha patungan tersebut, Baidu akan menjadi pemegang saham mayoritas sehingga kontrol sepenuhnya berada di tangan perusahaan itu.

Pemerintah China menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendorong perusahaan-perusahaan besar mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Beijing bahkan sudah mewacanakan pelarangan penggunaan kendaraan berbahan bakar gas dan memberikan insentif luar biasa terhadap penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik baidu
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top