Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

EV Growth Tarik 3 Punggawa Baru untuk Perkuat Lini Perusahaan

EV Growth fokus menyediakan dana untuk startup tahap pertumbuhan (growth stage) di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, untuk semua industri (agnostik).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  10:23 WIB
Ilustrasi startup -
Ilustrasi startup -

Bisnis.com, JAKARTA –  EV Growth, perusahan patungan antara East Ventures, SMDV, dan Yahoo! Japan Capital mengumumkan bergabungnya tiga eksekutif baru yang berpengalaman di bisnis berbasis teknologi. 

Perusahaan yang berfokus menyediakan pendanaan pertumbuhan untuk startup di Indonesia dan Asia Tenggara ini merekrut David Fernando Audy sebagai Operating Partner, Mulyono Xu, dan Pascal Christian-Sarana, keduanya sebagai VP of Investment

Managing Partner di EV Growth dan Founding Partner di East Ventures Willson Cuaca mengatakan perusahaan menyambut David, Mulyono, dan Pascal sebagai anggota baru di tim EV Growth. Hal ini dikarenakan mereka membawa pengalaman yang beragam untuk melengkapi dan memperkuat kemampuan perusahaan ke depan.

“Ketiganya [nantinya] berbasis di Jakarta dan akan bekerja berdampingan dengan para founder yang berbasis Indonesia,” katanya lewat rilisnya, Kamis (7/1/2021).

Willson merinci David memiliki 18 tahun pengalaman sebagai eksekutif di industri konten dan media. Sebelum bergabung sebagai partner di EVG, David adalah CEO di PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN), konglomerasi media yang menaungi RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews, dan Direktur di PT Global Mediacom Tbk. yang bergerak di bidang TV satelit dan penyedia jaringan internet.

Saat ini, David juga merupakan Senior Advisor untuk ThreeBody Capital, dana investasi yang berbasis di Inggris. David juga pernah menjadi CEO di WeChat Indonesia, Direktur di Rakuten Indonesia, dan merupakan pendiri Okezone.com.

Sementara itu, dia melanjutkan bahwa untuk Mulyono setelah lulus dari Zhejiang University merintis karier di beberapa perusahaan terbesar di China termasuk Huawei dan Alibaba.

“Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di industri internet, dia terlibat dalam sebagian besar aksi merger, akuisisi, dan kemitraan strategis Alibaba di Asia Tenggara termasuk dengan Lazada, Tokopedia, dan eWTP,” katanya.

Dia mengatakan bahwa Mulyono kemudian juga dipercaya menjadi Country Manager Taobao Malaysia dan mengisi posisi C-level di Lazada Indonesia.

Sebelum bergabung dengan EV Growth, Mulyono adalah Managing Director di BAce Capital, memimpin 3 kesepakatan pendanaan Seri A dan beberapa kesepakatan pendanaan tahap lebih awal di Asia Tenggara.

Selanjutnya, dia mengatakan bahwa untuk Pascal memiliki 7 tahun pengalaman mengelola kesepakatan bisnis lintas-negara, investment structuring, dan merger/akuisisi.

“Sebelum bergabung dengan EV Growth, dia menempati posisi Direktur di Rocket Internet dengan fokus memimpin investasi proptech [property-tech] di Indonesia,” ujarnya.

Pascal, dia melanjutkan merupakan lulusan fakultas kedokteran di Universitas Padjadjaran dan pemegang gelar MBA dari Cornell University, mengawali kariernya di industri keuangan sebagai investment banker di Barclays, Singapura.

Sekedar catatan, EV Growth merupakan perusahaan patungan East Ventures, SMDV, dan YJ Capital Inc. yang berdiri pada Maret 2018. Perusahaan ini berfokus menyediakan dana untuk startup tahap pertumbuhan (growth stage) di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, untuk semua industri (agnostik).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp east ventures
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top