Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wow, Pendapatan Zoom Melonjak 4 Kali Lipat pada Kuartal-III 2020

Zoom mencatatkan pendapatan sebesar US$777,2 juta selama kuartal-III 2020 atau empat kali lipat dibandingkan dengan kuartal-III 2019.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  08:18 WIB
Zoom telah menetapkan rencana 90 hari untuk memperbaiki masalah keamanan. Sementara ini Zoom menghadapi lonjakan trafik tiga puluh kali lipat dan membutuhkan daya komputasi yang lebih besar. REUTERS
Zoom telah menetapkan rencana 90 hari untuk memperbaiki masalah keamanan. Sementara ini Zoom menghadapi lonjakan trafik tiga puluh kali lipat dan membutuhkan daya komputasi yang lebih besar. REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Zoom kembali mencatatkan capaian yang fantastis tahun ini. Platform konferensi video itu melaporkan bahwa pendapatannya selama kuartal-III 2020 melonjak empat kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Melansir The Verge pada Selasa (1/12/2020), Zoom mencatatkan pendapatan sebesar US$777,2 juta selama kuartal-III 2020 atau empat kali lipat dibandingkan dengan kuartal-III 2019.

Zoom menyatakan akan berupaya untuk meningkatkan pendapatannya kembali di kuartal-IV 2020.

Sukses besar seharusnya tidak mengherankan. Zoom menjadi aplikasi konferensi video pilihan pada awal pandemi Covid-19, dan berhasil mempertahankan posisi itu bahkan saat layanan lain seperti Google Meet, Slack, dan Microsoft Teams semakin bersaing untuk mendapatkan perhatian.

Zoom tidak menyatakan jumlah total pengguna yang dimilikinya, tetapi metrik seputar pelanggan yang membayar terus bertambah.

Perusahaan ini sekarang memiliki 433.700 pelanggan, naik dari 370.200 pada kuartal lalu, dan meningkatkan jumlah pelanggan yang memberikan pendapatan lebih dari US$ 100.000 selama tahun sebelumnya menjadi hampir 1.300, dari sekitar 1.000.

Meskipun Zoom berharap kenaikan berlanjut pada kuartal berikutnya, ada tanda-tanda bahwa periode pertumbuhannya yang besar dan cepat telah berakhir.

Pasalnya, Zoom mungkin harus bersaing dengan kembali rencana kebijakan kembali bekerja di kantor jika pandemi usai, dan ketergantungan pada konferensi video dari pelanggannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

video Zoom Video Communications
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top