iPad Pro Meluncur Awal Tahun Depan, Pakai Panel LED Mini Buatan LG

Rezha Hadyan
Kamis, 5 November 2020 | 12:55 WIB
Ipad Pro
Ipad Pro
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - iPad Pro yang akan meluncur pada kuartal pertama tahun depan diketahui menggunakan panel layar dengan LED mini buatan LG Display.

Melansir Phone Arena pada Kamis (5/11/2020), Korea IT News beberapa waktu lalu mengabarkan bahwa iPad Pro akan menggunakan panel LCD yang menggunakan LED mini di bagian belakangnya.

Selain LG Display, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu juga memesan panel LCD yang menggunakan LED mini dari perusahaan Taiwan, Epistar dan TSMT. Tidak hanya untuk iPad Pro, panel tersebut juga akan digunakan untuk iPad lainnya dan laptop MacBook.

Apple setidaknya akan meluncurkan enam perangkat terbarunya yang menggunakan panel LCD dengan LED mini pada tahun ini. Namun, rencana tersebut urung terlaksana lantaran pandemi Covid-19.

Kabar mengenai iPad Pro yang menggunakan panel LCD dengan LED mini sebenarnya bukanlah kabar baru. Pasalnya beberapa pembocor spesifikasi gawai beberapa bulan lalu sempat menyebutkan penggunaan panel layar yang diklaim menjadi transisi menuju panel LCD dengan Led mikro itu.

Selain penggunaan panel LCD dengan LED mini, iPad Pro juga dikabarkan akan menggunakan chipset 5nm A14X Bionic yang sudah mendukung jaringan 5G.

Seperti diketahui, LED mini merupakan teknologi panel layar yang diklaim mampu meningkatkan tingkat keterangan, kontras, reproduksi warna, dengan tetap menghemat penggunaan daya dibandingkan dengan panel LCD konvensional.

Sementara untuk ketebalan panelnya, panel LCD dengan LED mini jauh lebih tipis dibandingkan dengan panel LCD yang menggunakan LED konvensional.

Walaupun demikian, biaya produksi yang dibutuhkan untuk satu panel LCD yang menggunakan LED mini masih lebih rendah dibandingkan dengan biaya produksi panel OLED/AMOLED.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper