Kinerja XL Kuartal III/2020: Jumlah Pelanggan Tumbuh, ARPU Turun

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 5 November 2020 | 14:53 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. mencatatkan pertumbuhan jumlah pelanggan sebesar 1,2 juta pelanggan pada kuartal III/2020 dibandingkan dengan kuartal II/2020 (QoQ). Adapun dari sisi rata-rata pendapatan per pengguna atau Average Revenue per User (ARPU), XL mencatatkan penurunan secara kuartal.

Pada 9 bulan pertama 2020, XL memiliki jumlah pelanggan sebesar 56,8 juta pelanggan, naik 2,1 persen dibandingkan dengan kuartal II/2020. Perinciannya, jumlah pelanggan prabayar sebanyak 55,74 juta dan pelanggan pascabayar sebanyak 1,14 juta pelanggan.

Meski mencatatkan pertumbuhan, dari sisi ARPU secara keseluruhan – prabayar, pascabayar dan gabungan – mengalami penurunan, masing-masing sekitar Rp1.000. Untuk ARPU prabayar pada kuartal III/2020 sebesar Rp35.000, ARPU pascabayar sebesar Rp110.000 dan ARPU gabungan sebesar Rp36.000.

Adapun jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu ARPU gabungan yang dicatatkan XL adalah stagnan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa pandemi Covid-19 berdampak pada daya beli masyarakat. Operator seluler sangat merasakan dampak tersebut.

Turunnya daya beli masyarakat ini tidak menurunkan intensitas kompetisi di industri. Semua operator justru berlomba menawarkan berbagai produk yang disesuaikan dengan kemampuan daya beli masyarakat, termasuk XL Axiata.

“Kita bisa lihat produk-produk dengan harga yang lebih terjangkau atau bonus yang lebih banyak. Karena itu kami berupaya keras untuk bisa mempertahankan kinerja dengan mendorong penjualan dan di saat yang sama melakukan efisiensi di hampir semua lini bisnis,” kata Dian dalam siaran pers, Kamis (5/11/2020).

Sekadar catatan, penurunan ARPU secara kuartal juga dirasakan oleh PT Indosat Tbk pada kuartal III/2020. Jumlah ARPU Indosat pada kuartal III/2020 ARPU sebesar Rp32.300, turun 2,5 persen dibandingkan dengan kuartal II/2020 yang senilai Rp33,200.

Adapun secara total dalam sembilan bulan pertama 2020 jumlah ARPU yang dibukukan Indosat sebesar Rp31.700, tumbuh 14 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper