Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saksikan, 5 Planet yang Terang di Bulan November

Anda tidak boleh melewatkan Venus, yang akan menjadi planet paling terang di langit, di langit fajar / fajar. Planet yang mempesona ini menempati peringkat ke-3 sebagai benda langit yang paling terang yang menghiasi langit, setelah matahari dan bulan. Temukan Venus terlebih dahulu, kemudian cari Merkurius di bawah planet yang bersinar ini dan agak dekat dengan cakrawala satu jam atau lebih sebelum matahari terbit.
Fransisco Primus Hernata
Fransisco Primus Hernata - Bisnis.com 03 November 2020  |  20:27 WIB
Planet Venus
Planet Venus

Bisnis.com, JAKARTA - Pada bulan November 2020 ada 5 planet yang akan bersinar terang.

Dimana tiga di antaranya yaitu Mars, Jupiter, dan Saturnus akan muncul pertama kali saat senja dan malam tiba. Dengan dua lainnya yaitu Merkurius dan Venus akan ditemukan di langit saat pagi.

Planet bersinar terang ini adalah planet apa pun di tata surya yang mudah terlihat tanpa bantuan optik dan yang telah diamati oleh nenek moyang kita sejak dahulu kala. Dalam urutan jaraknya dari matahari, lima planet terang tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Secara kebetulan planet yang terlihat di malam hari pada bulan November (Mars, Jupiter, dan Saturnus) adalah planet superior yang merupakan planet yang mengorbit matahari di luar orbit Bumi. Dan planet bulan November (Merkurius dan Venus) adalah planet inferior yang merupakan planet yang mengorbit matahari di dalam orbit Bumi.

Berikut cara menemukan “bintang” pada senja yang cerah. Dua "bintang" pertama yang muncul saat senja berganti dengan malam tiba adalah planet Mars dan Jupiter. "Bintang" paling terang yang menerangi bagian timur langit adalah Mars. Dan "bintang" paling terang di bagian barat langit adalah Jupiter. Sesederhana itu.

Saat langit semakin gelap, perhatikan planet Saturnus yang muncul sekitar 5 derajat di sebelah timur Jupiter. Lima derajat kira-kira sama dengan lebar dua jari dengan jarak lengan dari mata. Saturnus, meskipun cemerlang, akan terlihat pudar apabila dibandingkan dengan Jupiter, yang 12 kali lebih bersinar dibandingkan planet bercincin itu.

Sementara ituAnda tidak boleh melewatkan Venus, yang akan menjadi planet paling terang di langit, saat fajar. Planet yang mempesona ini menempati peringkat ke-3 sebagai benda langit yang paling terang yang menghiasi langit, setelah matahari dan bulan. Temukan Venus terlebih dahulu, kemudian cari Merkurius di bawah planet yang bersinar ini dan agak dekat dengan cakrawala satu jam atau lebih sebelum matahari terbit.

Merkurius akan lebih mudah dilihat di belahan bumi utara. Di lintang sedang di Belahan Bumi Selatan, Merkurius akan terlihat terkubur oleh cahaya fajar.

Jika Anda melewatkan Merkurius pada awal November, jangan khawatir (jika Anda tinggal di garis lintang utara). Merkuri akan terlihat semakin cerah dari hari ke hari. Selain itu, Merkurius naik lebih tinggi di langit, dan bertahan lebih lama sebelum matahari terbit. Pada saat Merkurius mencapai elongasi barat (pagi)  terbesarnya dari matahari pada tanggal 10 November, planet itu akan terlihat menjadi sekitar tiga kali lebih terang dari pada awal bulan November, dan naik lebih cepat 20 menit dibanding sebelumnya.

Manfaatkan kesempatan emas Anda untuk melihat 5 planet yang terlihat terang tersebut pada bulan November 2020. Dan berita baiknya, Anda tidak perlu menghabiskan waktu sepanjang malam untuk melihat. Cari Mars, Jupiter, dan Saturnus segera setelah malam tiba. Gunakan Venus untuk menentukan Merkurius di langit pagi. Semoga berhasil!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

planet tata surya
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top