Facebook Kembangkan Mesin Penerjemah yang Bisa Terjemahkan 100 Bahasa

A. Iskandar Zulkarnain
Selasa, 20 Oktober 2020 | 07:46 WIB
Logo Facebook/Reuters
Logo Facebook/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook telah meluncurkan perangkat lunak yang dapat menerjemahkan 100 bahasa.

Perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan itu dibuat untuk membantu jaringan sosial Facebook menyampaikan konten dengan lebih baik dalam 160 bahasa kepada lebih dari dua miliar penggunanya di seluruh dunia.

"Tonggak sejarah ini adalah puncak dari tahun kerja dasar AI Facebook dalam terjemahan mesin," kata asisten peneliti Angela Fan mengutip Tech Explore pada Selasa (20/10/2020).

Fan mengatakan model baru ini lebih akurat daripada sistem lain karena tidak bergantung pada bahasa Inggris sebagai langkah penerjemahan perantara.

"Saat menerjemahkan, katakanlah, China ke Prancis, sebagian besar model multibahasa yang berpusat pada Inggris melatih bahasa China ke Inggris dan Inggris ke Prancis, karena data pelatihan bahasa Inggris adalah yang paling banyak tersedia," tulis Fan.

Dia menjelaskan bahwa model tersebut langsung melatih data bahasa China ke Prancis untuk mempertahankan makna dengan lebih baik. Model ini mengungguli sistem yang berpusat pada bahasa Inggris dengan 10 poin pada metrik BLEU yang banyak digunakan untuk mengevaluasi terjemahan mesin.

Facebook mengatakan sudah menangani rata-rata 20 miliar terjemahan setiap hari di feedback beritanya, dan berharap sistem baru itu akan memberikan hasil yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper