Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Perbandingan Spesifikasi iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan Pro Max

Apple memperkenalkan jajaran iPhone 12 secara sekaligus berikut dengan keistimewaan spesifikasi masing-masing.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  17:39 WIB
Foto iPhone 12 Pro yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg
Foto iPhone 12 Pro yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Resmi merilis jajaran ponsel pintar (smartphone) terbarunya. Apple tidak terhenti untuk memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Hal itu dituangkan pada generasi terbaru iPhone 12.

Dalam Apple Event yang digelar lewat konferensi virtual yang dikutip, Rabu (14/10/2020), Apple tidak sungkan untuk mengenalkan empat jajaran iPhone 12 yang dirilis secara sekaligus, yaitu iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Pertama, iPhone 12 Mini hadir dengan layar 5,4 inci yang diklaim sebagai ponsel 5G terkecil di dunia. Bahkan, ponsel tersebut ukurannya menjadi jauh lebih kecil dibandingkan dengan iPhone SE 2020.

Ponsel ini dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari atau TouchID yang biasanya berada di bagian depan dihilangkan dan digantikan dengan pemindai wajah atau FaceID.

Selain itu, ponsel ini menggunakan Apple A14 Bionic, chip 5nm. Chipset tersebut termasuk CPU enam inti (dua tinggi dan empat rendah) yang diklaim Apple 50 persen lebih cepat daripada chip A13 dan GPU empat inti, yang diklaim Apple dapat menghadirkan gim berkualitas konsol.

iPhone 12 mini juga berbagi spesifikasi dan desain utama iPhone 12. IPhone 12 mini memiliki sisi aluminium datar yang sekarang cocok dengan iPad Pro dan iPad Air yang mirip dengan iPhone 4 dari 10 tahun yang lalu.

Kamera utama yang dipasang di ponsel ini beresolusi 12 megapiksel f / 1.6 dan kamera ultrawide 12MP. Apple telah meningkatkan kinerja cahaya rendah pada iPhone 12 mini, dan kamera depan juga akan menyertakan Mode Malamnya sendiri.

Kaca layar pada iPhone 12 mini juga dilapisi dengan apa yang disebut Apple sebagai "Perisai Keramik" untuk daya tahan yang lebih baik. Ketahanan air dan debu juga telah ditingkatkan ke peringkat IP68.

Apple juga menggunakan sistem magnet MagSafe baru di iPhone 12 mini. Ini mendukung pengisi daya nirkabel termasuk perangkat berkemampuan Qi, aksesori casing, dan bahkan dompet kulit yang semuanya terpasang di bagian belakang perangkat.

Selanjutnya, beralih ke iPhone 12 versi reguler dengan layar yang sedikit lebih lebar, yaitu 6,1 inci.

Selain ukuran layar, varian tersebut memiliki spesifikasi yang sama. Keduanya memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 12 megapiksel (MP) dengan bukaan f/1,6 dan satu kamera ultrawide 12 MP (f/2,4).

Kedua varian dijual dengan kapasitas 64, 128, dan 256 GB, serta pilihan warna beragam, mulai dari Black, White, Red, Green, dan Blue.

Adapun gawai ini dibekali dengan chipset terbaru Apple, Apple A14 Bionic. Seluruhnya telah mendukung koneksi teknologi 5G. Dukungan 5G diklaim lebih cepat 10 kali dibandingkan teknologi 4G LTE.

Sementara itu, untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki perbedaan fisik yang cukup mencolok dari dua varian ini dibandingkan versi reguler dan mini adalah pada kamera yang disematkan.

iPhone 12 Pro dan Pro Max mengusung teknologi tiga kamera. Selain dua kamera yang sama dengan seri reguler, kedua seri ini memiliki kamera telefoto 12 MP.

Selain itu, kamera iPhone 12 Pro memiliki sejumlah fitur unggulan seperti Apple ProRaw serta dukungan perekaman video resolusi 4K 60 fps, mode perekaman Dolby Vision HDR 60fps, serta sensor pemindai LiDAR Scanner.

Sensor tersebut pertama kali diperkenalkan pada iPad Pro 2020. Sensor ini memiliki kemampuan memindai objek 3D dengan lebih akurat karena dapat mengenai jarak dengan benda lainnya.

Dari segi layar, iPhone 12 Pro memiliki dimensi yang sama dengan layar versi reguler, yakni 6,1 inci. Sementara itu, versi Pro Max memiliki layar 6,7 inci. Varian Pro Max memiliki spesifikasi yang sama dengan versi Pro.

Dari segi memori internal, iPhone 12 Pro dan Pro Max hadir dengan tiga pilihan kapasitas, yakni 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Sementara itu, pilihan warna yang tersedia ada Graphite, Gold, dan Pacific Blue.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget apple
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top