Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saksikan Puncak Hujan Meteor 8 Oktober 2020, Catat Jam nya

Menurut data Pussains Lapan disebutkan hujan meteor akan terjadi pada 6 Oktober 2020 sampai dengan 10 Oktober 2020. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  14:18 WIB
hujan meteor
hujan meteor

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang penasaran bagaimana penampakan hujan meteor, maka jangan lewatkan terjadinya fenomena puncak hujan meteor draconoid pada 8 Oktober 2020 mendatang.

Menurut data Pussains Lapan disebutkan hujan meteor akan terjadi pada 6 Oktober 2020 sampai dengan 10 Oktober 2020. 

Namun, puncak terjadinya hujan meteor akan muncul pada 8 Oktober 2020. Di waktu inilah keindahan hujan meteor bisa terlihat dengan jelas. 

Menurut Pussain Lapan, puncak hujan meteor itu akan terjadi pada pukul 18.15 WIB hingga 21.03 WIB.

Adapun intensitas hujan ini sebanyak 4 meteor per jam untuk wilayah Kupang dan 6 meteor per jam untuk wilayah Banda Aceh.

Hujan meteor ini akan terlihat dengan jelas jika cuaca cerah dan tidak turun hujan. Sayangnya, meteor ini tidak bisa disaksikan penuh oleh seluruh wilayah.

Untuk wilayah perkotaan, menurut Lapan, hanya akan melihat sebanyak 1 hingga 2 meteor per jam. Ketampakan hujan meteor draconoid itu akan terlihat terbaik pada belahan bumi bagian utara. 

Dikutip dari earthsky.org, draconoid atau meteor naga itu juga dikenal sebagai bintang jatuh. Ini adalah salah satu fenomena alam  yang paling baik untuk ditonton saat malam tiba atau sore hari, bukan setelah tengah malam.

Tampilan luar biasa meteor yang satu ini, telah terjadi selama bertahun-tahun. Hujan meteor Draconid menghasilkan tampilan meteor yang mengagumkan pada tahun 1933 dan 1946, dengan ribuan meteor per jam terlihat pada tahun-tahun tersebut. Pengamat Eropa melihat lebih dari 600 meteor per jam pada tahun 2011.

Dua tahun lalu, pada 2018, juga merupakan tahun yang menguntungkan karena bulan baru sangat dekat dengan tanggal puncak Draconids. Tapi itu belum semuanya. Komet induk Draconids - 21P atau Giacobini-Zinner - mencapai perihelion, titik terdekatnya dengan matahari, pada tahun 2018, mendekati Bumi dibandingkan 72 tahun sebelumnya.

Kedua faktor tersebut menambah ledakan Draconid untuk Eropa pada 2018. Diperkirakan tidak ada ledakan di tahun ini. Tapi hujan meteor terkenal karena bisa mewujudkan impian Anda ketika melihatnya, itu merupakan mitos yang dipercaya orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

meteor asteroid
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top