Ingin Belajar Podcast, Siberkreasi Gelar Pelatihan Khusus

Akbar Evandio
Minggu, 30 Agustus 2020 | 08:34 WIB
ilustrasi podcast
ilustrasi podcast
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Podcast atau siniar diperkirakan menjadi industri baru yang menjanjikan di masa depan bagi para pembuat konten. Guna mendukung hal tersebut, Siberkreasi menggelar pelatihan khusus yakni Kelas Podcast yang akan menargetkan 5.000 peserta.

Ketua Umum Siberkreasi, Yosi Mokalu mengungkapkan bahwa podcast akan menjadi masa depan dari pembuat konten. Oleh karena itu, pemanfaatan podcast oleh  Siberkreasi dapat menjadi salah satu kontribusi dalam mengembangkan ekosistem podcast di Indonesia.

“Kami ingin berkontribusi terhadap ekosistem podcast dengan mengajak masyarakat Indonesia yang ingin bersuara serta menciptakan konten yang bermutu dengan media audio,” tuturnya seperti dikutip dari siaran persnyaMinggu, (30/8)

Pelaksanaan Kelas Podcast yang berlangsung secara virtual sampai Desember 2020. Setiap kelas akan berlangsung dalam 6 sesi pertemuan yang berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu.

“Melalui kelas ini Siberkreasi bermaksud memberikan kontribusi untuk masyarakat yang terdampak pandemi agar lebih kreatif menciptakan konten bermutu hingga bisa menghasilkan uang,” jelasnya.

Sekedar catatan, Kelas podcast dirancang dengan durasi 90 menit dalam bentuk pemaparan materi dan dilanjutkan sesi tanya jawab. Setiap sesi dipandu oleh 1 moderator dan 1 narasumber.

Adapun, modul pelatihan terdiri dari beberapa tahapan. Pertama pengantar, di mana peserta akan dikenalkan dasar-dasar fitur dan manfaat podcast serta belajar memproduksi podcast sederhana.

Kedua adalah planning, untuk mengenali proses merencanakan sebuah podcast dan bekal yang harus mereka miliki sebelum memulai rekaman

Ketiga adalah produksi, Yosi menjelaskan bahwa peserta akan belajar prinsip merekam konten podcast dan melakukan editing dengan target menghasilkan satu episode podcast.

Selanjutnya, branding untuk pengenalan dan penerapan prinsip branding yang penting untuk memasarkan dan menjaring audiens ke podcast

Dan mereka terakhir adalah monetisasi, dia mengatakan bahwa hal ini untuk memberikan pembelajaran berbagai teknik monetisasi untuk mendukung produksi podcast berjalan mandiri dan berkelanjutan.

“Ada Master class yang akan menjadi penutup rangkaian modul Kelas Podcast dengan menghadirkan pembicara tamu yang sudah berkecimpung didunia podcasting dan menjadi publik figur dan sumber referensi di bidang ini,” terangnya.

Sebagai mentor Kelas Podcast, Siberkreasi melibatkan VP Content and Community INSPIGO, Pradipta Nugrahanto; podcaster eksklusif Spotify dan pendiri komunitas podcaster Rizky Ardi Nugroho; dan pendiri jejaring podcast Box2Box Indonesia, Tio Prasetyo Utomo.

GNLD Siberkreasi merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ancaman potensi bahaya terbesar yang sedang dihadapi oleh Indonesia, yaitu penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying dan online radicalism.

Gerakan ini juga mendorong masyarakat untuk aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif melalui internet dan lebih produktif di dunia digital. Siberkreasi hadir dari inisiatif bersama berbagai kalangan, komunitas peduli, swasta, akademisi, masyarakat sipil, pemerintah dan media.

Adapun menurut pantauan Bisnis per 30 Agustus 2020, jumlah peserta yang telah terdaftar dalam Kelas Podcast Siberkreasi Batch 1 di aplikasi layanan pengirim pesan instan, Telegram telah mencapai 3.388 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper