Twitter Bocorkan 5 Jenis Tagar yang Populer Digunakan Warganet

Akbar Evandio
Senin, 24 Agustus 2020 | 11:26 WIB
Logo Twitter/Bloomberg
Logo Twitter/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika sesuatu isu atau momentum terjadi di dunia, hal itu juga akan ramai dibicarakan di Twitter. Bahkan, uniknya, ketika sesuatu terjadi di Twitter pun hal tersebut tak luput menjadi pembicaraan di dunia nyata.

Pengguna platform media sosial tersebut tentunya tidak asing dengan penggunaan tagar ‘#’ yang menghiasi lini masa, tagar membuat pengguna bisa terhubung dengan siapa saja dari berbagai negara dan berbagi opini ke jutaan orang lainnya di berbagai belahan dunia.

Adapun simbol “#” digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah Tweet dan mengategorikan Tweet dengan topik pembahasan yang sama. Dengan adanya tagar; Twitter menjadi corong suara bagi banyak orang, membentuk budaya, dan dapat mengubah dunia.

Tagar yang banyak digunakan di Indonesia menunjukkan keberagaman cara orang menggunakan Twitter. Berikut ini adalah lima penggunaan tagar yang populer di Indonesia 

Pertama, Tagar untuk saling menginspirasi

Orang mencari inspirasi tentang berbagai hal di Twitter dan hal ini dipermudah dengan adanya tagar. Tagar #dirumahaja, misalnya. Tagar ini tidak hanya digunakan untuk menginformasikan upaya preventif menghadapi pandemi, tetapi juga untuk menginspirasi orang lain agar tetap semangat dan produktif setiap harinya. 

Kedua, tagar untuk mengedukasi

Tagar juga berguna untuk melakukan edukasi terkait topik tertentu. Tagar #padanan digunakan untuk berbagi pengetahuan tentang persamaan sebuah istilah bahasa asing dan konteks penggunaan yang tepat dalam bahasa Indonesia. Tagar ini sering digunakan oleh salah satu pakar bahasa Indonesia, yaitu @ivanlanin. 

Ketiga, tagar untuk keadaan darurat

Karena karakternya yang waktu nyata (real time), Twitter digunakan untuk mencari informasi terkini tentang bencana atau situasi genting lainnya. Twitter juga membantu banyak orang untuk mendapat pertolongan dari pihak lain dalam waktu singkat. Pada keadaan seperti ini; fitur Like dan Retweet berperan penting karena dapat membantu kita menjangkau lebih banyak orang.

Tagar #Gempa, misalnya, digunakan secara aktif oleh @infoBMKG untuk memberi informasi dan perkembangan terbaru, tidak hanya kepada media, tapi juga masyarakat dan pihak lain yang membutuhkan bantuan. Keberadaan tagar ini juga dapat membantu warga di pemukiman sekitar bencana agar dapat mengantisipasi langkah mereka selanjutnya.

Contoh lainnya adalah #OrangHilang, tagar yang digunakan untuk  mengumpulkan Tweet terkait pencarian orang hilang. 

Keempat, diskusi tentang hiburan

Percakapan tentang topik hiburan di Twitter di Indonesia meningkat pada kuartal pertama tahun 2020. Percakapan tentang selebritas, misalnya, meningkat  62 persen di Indonesia, percakapan tentang musik meningkat 66 persen, dan topik tentang film meningkat 26 persen. Percakapan ini juga didominasi dengan konten-konten seputar fan art (seni dari penggemar), seperti yang terlihat dari #RaisaThrowback yang sempat ramai di lini masa. 

Kelima, tagar sebagai penghubung dengan komunitas

Masyarakat Indonesia menggunakan Twitter untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat atau kesukaan yang sama. Seperti yang dilakukan oleh penggemar Animal Crossing dalam rangka merayakan HUT Ke-75 RI. Mereka ramai-ramai berbagi hasil karya melalui Twitter dengan menggunakan tagar #AnimalCrossing.

Selain itu, Twitter juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa tagar yang populer di lini masa Twitter di Indonesia selama periode Januari hingga Juli 2020, yaitu #bts, #exo, #iheartawards, #dirumahaja, #agnation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper