Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia Teknologi Andalan Alibaba Cloud pada Masa Pandemi

Alibaba Cloud Indonesia mengklaim permintaan layanan komputasi awan perseroan mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  07:59 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan) berbincang dengan Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia Leon Chen, di sela-sela acara Hello Indonesia 2019, di Jakarta, Rabu (9/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan) berbincang dengan Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia Leon Chen, di sela-sela acara Hello Indonesia 2019, di Jakarta, Rabu (9/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Layanan teknologi hemat biaya menjadi andalan Alibaba Cloud dalam mendorong produk mereka di pasar Indonesia selama pandemi Covid-19.

Country Manager Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen mengatakan bahwa permintaan layanan komputasi awan perseroan mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19 seiring dengan aktivitas digital yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Dalam menyikapi peningkatan tersebut, kata Leon, Alibaba Cloud memperkenalkan teknologi yang hemat biaya seperti PolarDB, Analytics DB, dan Alibaba Cloud Container untuk Kubernetes.

Layanan Alibaba Cloud Container merupakan sebuah fitur yang diluncurkan Alibaba di pasar Asia Pasifik pada tahun lalu. Fitur ini membantu pengguna untuk fokus pada aplikasi mereka daripada mengelola infrastruktur kontainer.

Sementara itu, PolarDB merupakan sebuah teknologi yang menawarkan skalabilitas tinggi dengan kemampuan yang dapat ditingkatkan hingga 100 TB dalam penyimpanan. Teknologi ini akan membantu pelanggan untuk mengatur pertumbuhan big data mereka.

“Secara efektif [teknologi tersebut] telah mendukung pelanggan untuk meningkatkan penggunaan komputasi awan mereka dengan cara yang hemat biaya terutama selama pandemi,” kata Leon kepada Bisnis, Senin (10/8/2020).

Selain mengeluarkan produk hemat biaya, kata Leon, Alibaba Cloud juga terus mengejar pasar UMKM.

Leon mengaku bahwa Alibaba Cloud telah bekerja sama dengan mitra lokal untuk memberi solusi komputasi awan dan inteligensi digital yang disesuaikan untuk melayani permintaan transformasi digital pelanggan.

“Karena itu, kami bertujuan untuk menjadi mitra yang berharga bagi pelanggan kami terlepas dari skala bisnis mereka, mulai dari perusahaan multinasional, UKM, sampai ke startup,” kata Leon.

Leon menyatakan bahwa selain berbisnis, Alibaba Cloud juga berkomitmen untuk mengadakan pelatihan bakat digital di Indonesia.

Tahun ini Alibaba menargetkan untuk mengadakan lebih dari 200 pelatihan dengan perkiraan jumlah peserta sebanyak 20.000 peserta dan mendapatkan 10.000 pelatihan dengan sertifikat dari Alibaba Cloud.

“Kami juga mengadakan lokakarya rutin dan webinar pelatihan bagi pelanggan dan mitra UKM kami untuk terus memberi update kepada mereka tentang tren terbaru dalam cloud dan inteligensi data, serta penawaran terbaru kami yang tersedia di pasar,” kata Leon.   

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud alibaba
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top